Berita Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Subscribe to Berita Provinsi Kepulauan Bangka Belitung feed
Updated: 2 hours 10 min ago

Panen Berkah, PKK Cikar Berbagi Sayur ke Panti Asuhan dan Lansia

Thu, 07/25/2024 - 21:35

PANGKALPINANG - Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) hari ini Kamis 25/7/2024 kembali melakukan kegiatan rutin perawatan dan panen sayur bersama di Kebun PKK Cikar (Cintai Pekarangan) yang berlokasi di Kediaman Gubernur Kepulauan Bangka Belitung. 

Berbagai tanaman sayur ini sengaja ditanam hingga dirawat di kebun seputaran halaman kediaman Gubernur. Hal tersebut dilakukan sebagai dukungan pihaknya terhadap program Semarak Babel (Semangat Menanam Rakyat Bangka Belitung ) yang diinisiasi Pj Gubernur Kep. Babel, H.Dr Safrizal ZA.

Usai memanen, Pengurus TP PKK Kep. Babel ini mengemas sayuran dengan rapi untuk kemudian dibagikan ke panti asuhan, panti lansia hingga pondok pesantren.

 "Alhamdulillah, senang rasanya bisa berbagi," tutur Pj Ketua TP PKK Kep. Babel Safriati Safrizal.

Saat pembagian, pihaknya juga turut mengedukasikan tentang program Semarak Babel ini. Program yang sama juga dilaksanakan PKK Kep. Babel yang dinamai dengan "PKK Cikar (Cintai Pekarangan)"

"PKK Cikar ini merupakan kebun milik PKK. Berbagai komoditas yang ada di lahan kebun PKK Cikar ini diantaranya cabai, timun, terong, kacang panjang, sawi, bayam, labu, jagung, toga, serai, kunyit kencur dan jahe," tuturnya.

Adapun panti yang dikunjungi untuk berbagi kali ini yakni Panti Sosial Bina Serumpun khusus lansia, Panti Asuhan Aisyiyah dan LKSA Muhammadiyah.

Kegiatan yang dilakukan PKK Babel ini tentunya mendapat respon positif oleh Pj Gubernur Babel Safrizal. Dirinya berharap kebun keluarga ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat yang memiliki lahan pekarangan untuk dimaksimalkan sebagai upaya ketahanan pangan bagi keluarga. 

"Termasuk tanaman obat-obatan, saya kira ini terus dikembangkan sampai ke desa-desa, untuk perkotaan dapat memanfaatkan polybag. Ayo kita gemar menanam dan berkebun," ujar Safrizal.

Sumber: Dinas KominfoPenulis: ImeldaFotografer: TP PKK Prov. Kep. BabelEditor: AliyahKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita

Peringatan Harganas ke-31, Yunan: Cegah Stunting Libatkan Semua Pihak

Wed, 07/24/2024 - 13:32

Pangkalpinang - Tingkatkan kerja sama, galang sinergi dan komitmen dalam setiap program untuk mengoptimalkan seluruh anggaran dan program dalam rangka percepatan penurunan stunting. Pasalnya angka stunting di Kepulauan Bangka Belitung masih cukup tinggi.

Demikian disampaikan Drs. H. Yunan Helmi M.Si Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mewakili Pj. Gubernur saat peringatan Harganas ke-31 tingkat provinsi, di Halaman Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (24/7/2024).

Saat acara puncak kegiatan ini dilakukan pemberian vaksin volio kepada sejumlah anak, pembagian hadiah untuk berbagai kegiatan hingga pembagian telur bagi beberapa warga  berdomisili di Kota Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka Tengah. 

Pelaksanaan kegiatan ini melibatkan beberapa stakeholder, seperti PMI melakukan aktivitas donor darah, Dukcapil memberi pelayanan administrasi kependudukan, Dinkes dan BKKBN perwakilan melakukan pelayanan kesehatan dan KB, UMKM serta beberapa dinas terkait lainnya.

"Tingkatkan komunikasi, informasi dan edukasi dalam pencegahan stunting. Gunakan setiap potensi untuk menciptakan inovasi serta berdayakan secara maksimal setiap unsur lembaga organisasi kemasyarakatan yang menjadi mitra kerja," sarannya. 

Peringatan Harganas merupakan momentum untuk menggalang dukungan dan komitmen seluruh stakeholder. Ia menambahkan, semua itu bagian upaya menciptakan keluarga berkualitas. Ini juga menjadi wadah pembentukan mental dan spiritual yang menanamkan akhlak dan budi pekerti luhur. 

"Bentuk anak-anak yang bermoral dan terpuji. Keluarga mampu mengambil langkah preventif menghadapi masalah-masalah yang ada di sekitar dan terhindar dari pengaruh luar yang destruktif," kata Yunan.

Sebelumnya, Deputi Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga BKKBN RI, Nopian Andusti mengatakan, langkah-langkah strategi mengatasi kasus stunting dengan melakukan pencegahan. Berikan pelayanan kesehatan yang baik bagi pertumbuhan dan kesehatan ibu dan anak.

"Intervensi dimulai dari pasangan calon pengantin. Kesehatan calon pengantin dipastikan baik sebelum menikah. Calon pengantin sudah divaksin dan dalam kondisi prima. Memberikan makanan tambahan dan tablet tambah darah selama kehamilan," jelasnya.

Hal senada dikatakan Dr. Asyraf Suryadin, M.Pd Kepala DP3ACSKB Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Menurutnya, tujuan kegiatan ini untuk mengoptimalkan sinergi gerakan mencegah stunting. Selain itu menimbulkan rasa kepemilikan dan kebanggaan seluruh stakeholder upaya percepatan penurunan stunting. 

"Tingkatkan peran stakeholder, tokoh masyarakat dan keluarga dalam pembangunan keluarga. Meningkatkan kepedulian keluarga di Bangka Belitung dalam pencegahan stunting," tegas Asyraf.

Sumber: Dinas KominfoPenulis: HuzariFotografer: HuzariEditor: IrnawatiKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita

Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Babel 2024 Resmi Dimulai

Wed, 07/24/2024 - 09:55

TANJUNGPANDAN - Kemeriahan bunyi gong yang bergema di Halaman Gedung Nasional Tanjungpandan, Belitung pada Selasa malam (23/7/2024) menandakan resmi dibukanya Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) ke-XII Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 2024. 

Menurut Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) yang diwakili oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Kep. Babel, Hartono menyatakan bahwa kegiatan POPDA ke-XII ini menjadi ajang bagi pemerintah daerah untuk mendorong pengembangan pembinaan olahraga pelajar yang juga berperan penting dan strategis sebagai upaya untuk menjaring atlet-atlet berbakat yang memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi atlet berprestasi.

“Saya atas nama Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh pemerintah daerah kabupaten dan kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang telah mendukung dan melakukan pembinaan atlet pelajar di wilayah masing-masing sehingga mengikutsertakan untuk berpartisipasi untuk mengikuti POPDA 2024,” ungkapnya.

Pj Bupati Belitung, Yuspian menjelaskan bahwa mengikuti kompetisi bukanlah semata-mata untuk menjadi pemenang. Menurutnya, dengan mengikuti kompetisi, para pelajar yang terlibat dapat mengembangkan bakat dan kemampuan olahraga sebagai bekal untuk tumbuh menjadi SDM yang berkualitas dengan didukung jasmani yang sehat dan bugar.

“Atas nama Pemkab. Belitung, kami ucapkan selamat bertanding kepada seluruh kontingan POPDA Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Tampilkan kemampuan yang dimiliki secara maksimal dan jadilah juara bukan hanya untuk daerah tetapi yang terpenting bagi pribadi dan masyarakat,” ungkapnya.

POPDA ke-XII Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan diselenggarakan dari tanggal 23-28 Juli 2024 di Belitung. Terdapat sejumlah 903 orang yang akan berpartisipasi dalam kegiatan ini. Jumlah ini terdiri dari atlet, pelatih, serta official yang berpartisipasi dalam beragam cabang olahraga seperti sepak bola, voli, basket, bulu tangkis, pencak silat, sepak takraw, tenis, dan tinju. POPDA ke-XII Babel ini juga akan menjadi bahan seleksi para atlet yang akan dikirimkan untuk mengikuti Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional 2024 yang akan diselenggarakan di Provinsi Sumatera Barat pada November nanti.

Sumber: Disparbudkepora BabelPenulis: MaalikaFotografer: MaalikaEditor: IntanKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita

Pj Gubernur Safrizal Pimpin Rapat Forum Koordinasi, Monitoring, dan Evaluasi Pelaksanaan PESIAR

Tue, 07/23/2024 - 18:27

PANGKALPINANG - Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Safrizal ZA memimpin Rapat Forum Koordinasi, Monitoring, dan Evaluasi Pelaksanaan Petakan, Sisir, Advokasi, dan Registrasi (PESIAR) di Rumah Dinas Gubernur Kep. Babel pada Selasa (23/7/2024).

"Program PESIAR yang pada hakikatnya adalah dalam rangka memetakan data yang kepesertaan JKN dengan menyisir kembali para peserta JKN sekaligus memberikan advokasi kepada masyarakat agar sesuai dengan kelasnya dan kemampuannya untuk aktif menjadi peserta JKN mandiri dan tidak perlu mengambil kelas di bawahnya yang harus ditanggung oleh negara," jelasnya.

Menurut pria yang juga menjabat sebagai Dirjen Bina Adwil Kemendagri ini, melalui Program PESIAR, dapat menyisir masyarakat rentan seperti masyarakat miskin, korban PHK, masyarakat stunting, dan ibu hamil yang belum masuk dalam kepesertaan JKN.

"Dengan demikian kalau nanti kita fokus kepada seluruh desa yang memiliki kemampuan maka dengan sendirinya kita harapkan Bangka Belitung mampu mencapai Universal Health Coverage (UHC) 100%, hari ini cakupan UHC kita masih 98%, kita berupaya agar ini bisa sampai dengan 100%," terangnya. 

Sementara itu, Asisten Deputi Kepesertaan dan Mutu Layanan BPJS Kesehatan Juliansyah mengatakan bahwa Program PESIAR merupakan kegiatan sosial marketing terencana dalam rangka rekrutmen peserta dan meningkatkan keaktifan peserta JKN yang dilakukan pihak ketiga yang ditugaskan atas rekomendasi perangkat daerah terkait.

Program ini bertujuan untuk memetakan masyarakat desa yang belum terlindungi JKN; menyisir masyarakat rentan (masyarakat miskin/korban phk/masyarakat stunting/ibu hamil) yang belum masuk dalam kepesertaan JKN; masyarakat pekerja sektor formal yang belum didaftarkan pemberi kerja ke program JKN; melakukan sosialisasi dan advokasi masyarakat desa terkait kepesertaan JKN; serta memastikan masyarakat desa non JKN menjadi peserta JKN agar tercipta desa uhc desa sehat sejahtera.

"Di Bangka Belitung ada 5 Kabupaten/Kota dan 19 Desa yang menjadi piloting untuk program PESIAR ini. Diutamakan adalah desa yang maju dan mandiri," ujarnya."

Kabupaten tersebut yaitu Kabupaten Bangka, Kabupaten Bangka Selatan, Kabupaten Bangka Tengah, Kabupaten Bangka Barat, dan Kabupaten Belitung Timur. 

Dengan Program PESIAR, para agen diharapkan bisa melakukan rekrutmen peserta PBPU minimal 35 jiwa atau 13 KK per bulan (dengan asumsi family size 2,6). 

Adapun Agen Pesiar bisa berasal dari Kader Pembangunan Manusia, Kader Pekerja Sosial Masyarakat, Kader BKKBN, Perangkat Desa, Pendamping Desa, Tokoh agama, bidan/pemberi layanan kesehatan, penggerak PKK, karang taruna, tenaga sukarela, kader kesehatan, institusi BUM Des, Pendamping Koperasi, atau petugas lain yang ditunjuk oleh Desa/Kelurahan.

Sumber: Dinas KominfoPenulis: Lisia AyuFotografer: Jo FandiEditor: IrnawatiKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita

Pj Gubernur Safrizal ZA Tanam 1 Juta Pohon dalam 6 Bulan di Babel

Tue, 07/23/2024 - 18:24

PANGKALPINANG - Dipimpin orang nomor satu di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Pj Gubernur Safrizal ZA melaksanakan gerakan menanam bibit pohon yang diikuti sekitar 500 orang peserta. Penanaman bibit pohon tersebut dilakukan dalam rangka launching program Semangat Menanam Rakyat Bangka Belitung (Semarak Babel) 2024 di kawasan Gedung Olahraga (GOR) Sahabudin, Selasa, (23/7/2024) pagi. 

Adapun bibit pohon yang akan ditanam sebanyak 133.103 batang atau setara dengan 121 hektar, sementara bibit pohon yang ditanam di kawasan GOR Sahabudin sebanyak 2000 batang terdiri dari Kalindra, Kayu Putih, Jambu Mete dan sirsak. Sementara sisa bibit lain tersebar di beberapa lokasi . 

Disampaikan Safrizal, menurut informasi yang diterimanya hingga saat ini sudah hampir 900-an ribu pohon tertanam. Kalau hari ini dapat menanam kisaran 57.000 pohon saja berarti sudah bisa mencapai 1 juta pohon tertanam hanya dalam waktu setengah tahun saja. 

“Bukan tak mungkin kita menargetkan kembali untuk menanam 2,5 juta pohon lagi hingga tahun ini selesai. Berikutnya kita akan koordinir lebih lanjut lagi agar semua pihak pernah menanam pohon” jelasnya

Oleh karena itu, Ia meminta kedepannya agar media penanaman pohon seperti lubang tanah untuk lebih memudahkan saat penanaman pohon. Hal ini bisa difasilitasi dengan cara bekerja sama dengan pihak eksternal seperti perusahaan-perusahaan dalam pengadaan alat pelubang tanah di luar milik kita sendiri agar banyak pihak terlibat dalam upaya kita dalam memperbaiki lahan kritis kita. 

Safrizal juga menegaskan terlepas dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang melakukan penggalian atau penebangan pohon secara ilegal dan terang-terangan, kita tidak boleh gentar dalam upaya menghijaukan kembali bumi kita ini. 

“Semangat kita harus lebih besar dibanding para perusak lingkungan. Kalau ada ulang tahun kantor, organisasi, atau apapun itu coba kita lengkapi perayaannya dengan menanam pohon” tegasnya.

Penanaman bibit pohon ini juga dilakukan secara serentak oleh Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Babel hingga menyebar sampai ke desa-desa baik pada lahan yang telah disediakan maupun di lahan pribadi. Pj Gubernur Safrizal menyempatkan diri menyapa masing-masing kabupaten/kota secara virtual 

“Kita harus bertekad menanam sebanyak mungkin pohon di Bumi Bangka Belitung ini. Namun hal tersebut tidak bisa dilakukan oleh Pemerintah Daerah sendiri. Semua harus melakukan hal yang sama. Semua berperan penting dan punya tanggung jawab serta kewajiban masing-masing”pungkasnya. 

Kegiatan ini merupakan sinergi antara pemerintah dengan melibatkan semua unsur, termasuk diantaranya Forkopimda, Pj Ketua TP PKK, instansi-instansi vertikal ,perguruan tinggi, sekolah-sekolah, BUMN, dan perbankan serta pihak-pihak lain yang ikut berperan serta tanpa terkecuali. 

“Untuk itu, Gerakan Menanam Serentak ini saya nyatakan dimulai dan dilanjutkan, semoga semua upaya kita menjadi ibadah dalam perwujudan kita sayang kepada alam, dengan harapan alam akan sayang pula kepada kita”ujar Safrizal. 

Sumber: Dinas KominfoPenulis: AliyahFotografer: SaktioEditor: ImeldaKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita

Pj Ketua PKK Safriati : Jangan Anggap Enteng Virus Polio

Sat, 07/20/2024 - 11:19

PANGKALPINANG - Program pemberian imunisasi polio serempak yang akan digalakkan oleh Pemerintah pusat turut serta disosialisasikan Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kep. Bangka Belitung (Babel) secara daring di Ruang Rapat Batu Rakit, Jumat 19/7/2024.

TP PKK Kep. Babel menyadari pentingnya pemberian vaksi polio ini untuk menjaga anak Indonesia. Sosialisasi TP PKK Kep. Babel ini diikuti para kader PKK, PAUD, Posyandu, Puskesmas serta Dinas Kesehatan Provinsi Kep. Babel.

Pj Ketua TP PKK Prov. Kep. Babel  Safriati Safrizal menuturkan, bahwa Indonesia memiliki resiko tinggi penyebaran virus polio. 

"Maka saya harap, jangan anggap enteng virus polio ini. Virus polio menyebabkan anak lumpuh hingga kematian," jelasnya.

Dia juga menyebutkan, bahwa polio tidak dapat diobati namun bisa dicegah dengan imunisasi polio. Dan PKK juga berperan aktif agar pemberian imunisasi polio di Babel mencapai target 95 persen anak usia 0-7 tahun melalui sinergitas dengan kader PkK hingga kader dasawisma

Adapun pemberian serentak imunisasi polio ada 2 tahap yakni Tahap I : 23-29 Juli 2024, dan Tahap II: 6 -12 Agustus 2024 di posyandu, puskesmas, paud dan unit pelayanan kesehatan dan GRATIS.

Kepala Dinas Kesehatan Kep. Babel dr. Andri Nurtito menjelaskan, kasus polio belum ditemukan di Babel namun rentan terjangkit karena anak di Babel belum 100 persen yang mendapatkan imunisasi polio. Kemudian belum semua anak dengan gejala polio di screening

"Oleh karena itu, perlu diantisipasi penyebarannya karena sejak akhir tahun 2022 kasus polio ditemukan di Aceh, Jabar, Jateng, Jatim, serta terkini Papua Tengah, Papua Pengunungan dan Papua Selatan," paparnya.

Ia juga menerangkan, status Polio hingga kini belum dicabut WHO. Penyebaran polio masuk melalui makanan dan minuman. Dari kasus lumpuh 5-10 persennya menyebabkan kematian. 

"Untuk itu jangan lupa memastikan anak kita mendapatkan imunisasi Polio dan terus menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat menuju Indonesia Emas 2045," pungkasnya.

Sumber: Dinas KominfoPenulis: ImeldaFotografer: ImeldaEditor: IrnawatiKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita

Pj Ketua TP PKK Safriati Apresiasi Inovasi Rumah Dilan Desa Ketap

Fri, 07/19/2024 - 10:22

DESA KETAP - Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel), Safriati Safrizal ternyata cukup penasaran dengan inovasi TP PKK Desa Ketap, Jebus, Kabupaten Bangka Barat.

Penasaran itu akhirnya terbayarkan, saat Safriati langsung menyambangi desa tersebut, dengan melihat langsung inovasi Rumah Dilan, usai turut serta dalam Kegiatan Penilaian Lomba HKG PKK ke-52, Kamis (18/7/2024). 

Rumah Dilan adalah inovasi dari anggota TP PKK Desa Ketap, yang merupakan singkatan dari Pendidikan dan Keterampilan (Dilan), ini adalah wadah untuk melatih/mendidik anak putus sekolah dengan berbagai keterampilan agar bisa hidup mandiri.

 "Inovasi ini patut diapresiasi. Rumah Dilan ini juga menjadi lokasi penilaian Lomba Gelari Pelangi, yang akan mengikuti lomba tingkat provinsi," ungkap Safriati.

Ia juga menyarankan, agar inovasi ini dapat menggandeng instansi terkait untuk memberikan berbagai pelatihan. Misalnya dengan Dinas Komunikasi dan Informatika untuk pemberian pelatihan digital baik itu pembuatan vlog, video dan fotografer, hingga penggunaan teknologi digital yang berguna untuk memasarkan produk.

"Dinas Koperasi UMKM juga bisa untuk pembuatan produk, pengemasan dan sebagainya," tuturnya.

Sementara itu Kades Desa Ketap, Asyro Hasbar menjelaskan, Rumah Dilan ini juga dimanfaatkan PKK Desa Ketap untuk meningkatkan produk-produk UMKM di desanya.

"Kami harap fasilitas ini selain menjadi tempat belajar menutut ilmu, juga bertujuan untuk meningkatkan ekonomi keluarga," harapnya.

Sumber: Dinas KominfoPenulis: ImeldaFotografer: ImeldaEditor: LulusKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita

Pj Ketua TP PKK Kep. Babel Imbau Pentingnya Pembinaan Pola Asuh Anak dan Remaja

Fri, 07/19/2024 - 09:42

BANGKA BARAT - Lokasi berikutnya yang menjadi tempat penilaian dan Tim Penilai Lomba HKG Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) adalah Desa Sekar Biru, setelah mengunjungi beberapa desa lain di Kecamatan Parittiga, Kamis, (18/7/2024).

Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Provinsi Kep. Babel Safriati Safrizal sangat antusias di Desa Sekar Biru, yang juga dikenal sebagai desa digital mengatakan perlunya kewaspadaan menyikapi majunya era digital seperti sekarang ini. 

“Ibu-ibu sekalian, terkait dengan pola asuh anak dan remaja di era digital, saat ini yang namanya bullying, seks bebas, narkoba, kekerasan, itu semua sedang merebak dalam dunia anak-anak kita. Oleh karena itu, mari kita sama-sama bergandengan tangan untuk bisa mengatasi, mencegah terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan,” ajaknya. 

Safriati juga mengingatkan saat ini merupakan musim pancaroba. Kebanyakan pasien- pasien yang dirumah sakit menderita dan dirawat karena demam berdarah. 

Jadi pada kesempatan ini, ia meminta untuk menggerakkan kembali ibu-ibu PKK yang mungkin ada sebagai kader jentik untuk menggiatkan kembali kegiatan gotong royong dilingkungan masing-masing. 

Kepala Desa Sekar Biru, Munarfazah menjelaskan pentingnya untuk menjaga anak-anak agar tidak mengarah ke hal negatif. Ia ingin agar anak-anak di desanya bukan hanya tekun dalam agama, melainkan juga mengenal dunia luar tetapi untuk hal yang positif. 

“Kami sebagai pemerintah desa harus berperan aktif dari dini, dari mulai mendidik kemudian membina dengan bekerja sama dengan sekolah-sekolah dan kepolisian,“ tutupnya. 

Sumber: Dinas KominfoPenulis: AliyahFotografer: Jo FandiEditor: IntanKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita

Sukseskan Pekan Imunisasi Nasional Polio, Pj Ketua TP PKK Safriati Safrizal Cek Kesiapan Ke Desa-desa

Fri, 07/19/2024 - 09:35

AIR GANTANG- Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio akan dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia, mulai dari tanggal 23 Juli-29 Juli untuk putaran pertama dan tanggal 6 Agustus hingga 12 Agustus  2024 untuk putaran kedua. Sebagai langkah untuk turut menyukseskan Pekan Imunisasi Nasional Polio di negeri Serumpun Sebalai, Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Safriati Safrizal turun langsung untuk mengecek kesiapan imunisasi tersebut ke desa-desa.

"Polio tidak dapat diobati, namun dapat dicegah dengan pemberian imunisasi, jadi saya harap kader PKK kita sudah mulai menyosialisasikan kepada masyarakat untuk membawa anak yang berusia 0-7 tahun ke Posyandu atau pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan imunisasi polio secara gratis," ujar Pj Ketua TP PKK Babel, Safriati Safrizal saat mengunjungi Posyandu di Desa Air Gantang, di sela-sela Kegiatan Penilaian Lomba HKG PKK ke 52, di Kantor Desa Air Gantang, Kabupaten Bangka Barat, Kamis (18/7/2024).

Imunisasi polio dikatakan Safriati, merupakan upaya untuk melindungi anak dari penyakit polio. Penyakit ini katanya merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus Polio, yang menyebabkan kelumpuhan permanen bahkan kematian.

"Jadi mari kita bersinergi untuk mencegah dan menghentikan penyebaran virus polio,meningkatkan kekebalan masyarakat, sehingga virus sulit menyebar ke masyarakat kita," tegasnya. 

Sementara Yudistira Panjaitan, Kepala Puskesmas Puput menuturkan bahwa pihaknya terus menyosialisasikan pelaksanaan pemberian imunisasi polio di desanya.

"Kita sudah mulai sosialisasi sejak Senin kemaren dan jadwalnya juga sudah kita share ke masyarakat. Dan vaksinnya juga sudah masuk ke Kabupaten Bangka Barat," jelasnya. 

Adapun jumlah vaksin yang diajukan oleh pihaknya berjumlah 80 vial untuk menyasar sekitar 3000-an anak. 

Selain sosialisasi dan memberikan edukasi masyarakat terkait imunisasi polio, Safriati juga berkesempatan mengevaluasi sarana dan prasarana Posyandu, serta mengunjugi dan mencicipi produk unggulan UMKM Desa Air Gantang.

Sumber: Dinas KominfoPenulis: ImeldaFotografer: Jo FandiEditor: LulusKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita

Tim Penilai Lomba HKG PKK ke-52 Evaluasi Desa Kelabat

Thu, 07/18/2024 - 22:24

KELABAT - Inovasi yang dibuat Tim Penggerak  Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Desa Kelabat, Kabupaten Bangka Barat terpilih sebagai salah satu peserta yang lolos di perlombaan "Aku Hatinya PKK" tingkat provinsi dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-52 tahun 2024.

Penilaian pun kemudian dilakukan oleh Tim Penggerak PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel), yang disaksikan langsung oleh Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Kep. Babel Safriati Safrizal. Aku Hatinya PKK Kelabat nantinya akan bersaing dengan perwakilan dari enam kabupaten/kota lainnya.

Pemberian nilai Lomba Aku Hatinya PKK ini bertujuan untuk melihat usaha produktif dalam pemanfaatan pekarangan rumah sebagai sumber pangan yang berkelanjutan.

"Lomba ini merupakan upaya yang dicanangkan oleh Tim Penggerak PKK untuk menggalang partisipasi masyarakat terutama kader PKK dalam memanfaatkan pekarangan rumah sebagai sumber pangan yang berkelanjutan dan beragam," ungkap Pj Ketua TP PKK Kep. Babel, Safriati Safrizal.

Safriati berharap implementasi program PKK Cikar di tingkat desa dan kecamatan terus digalakkan. Program ini merupakan bukti dukungan atas arahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan program Semarak Babel yang diinisiasi oleh Pj Gubernur Kep. Babel, H Dr. Safrizal ZA.

Dirinya juga mengungkapkan, bahwa kehadiran Tim Penilai ini bertujuan untuk melihat kegiatan apa yang telah dilakukan kader PKK di sini, dalam pemanfaatan pekarangan rumah guna menambah nilai ekonomis dan pendapatan rumah tangga.

"Adapun beberapa intrumen yang akan dinilai yakni sejauh mana dukungan pemerintah baik dari kebijakan hingga anggaran, proses hingga output dari implementasi program tersebut," tuturnya. 

Kehadiran tim penilai ini juga disambut oleh Kades Kelabat Chris Karyadi. Pihaknya mengaku sangat bersemangat dalam acara ini, apalagi terpilih menjadi perwakilan Bangka Barat untuk perlombaan di tingkat provinsi. 

"Tentunya kegiatan ini menjadi penyemangat bagi kader PKK untuk terus berinovasi. Semoga apa yang diinovasikan PKK kami menjadi inspirasi bagi masyarakat," tuturnya.

Sumber: Dinas KominfoPenulis: ImeldaFotografer: Jo FandiEditor: IntanKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita

Jelang Lomba HKG Ke-52 Tingkat Provinsi , Pj Ketua TP PKK Babel Pimpin Penilaian ke Kabupaten Bangka Barat

Thu, 07/18/2024 - 21:29

BANGKA BARAT - Safriati Safrizal selaku Pj Ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan kunjungan ke beberapa tempat di Kabupaten Bangka Barat. Bangka Barat menjadi tempat perdana yang menjadi penilaian Safriati beserta Tim PKK Provinsi Kep. Babel dalam rangka Penilaian Lomba Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52 Tingkat Provinsi. Kamis, (17/7/2024). 

“Bapak dan ibu kenapa diadakan perlombaan, pada hakikatnya kita ingin supaya semua teman-teman kita di seluruh daerah atau kabupaten/kota dan desa yang menjadi lokus kegiatan dapat lebih semangat lagi dalam melaksanakan program dan kegiatan” jelas Safriati saat membuka kegiatan ini di Kecamatan Parittiga. 

Safriati menguraikan sebenarnya sering sekali terjadi pengurangan nilai atau ketidaklengkapan nilai yaitu salah satunya kesalahan pada bagian administrasi.

Menurutnya, terkadang masih ada yang menilai bahwa administrasi itu hanya berupa penilaian pada bidang sekretariat saja. Padahal semua bidang itu memiliki urusan administrasi. Ia menginginkan agar organisasi PKK di daerah Bangka Barat selangkah lebih maju dari sebelumnya.

“Oleh karena itu, saya sudah bawa tim Provinsi yang akan membantu semuanya agar dapat memenuhi indikator dan kriteria sesuai dengan standar yang ada” tegasnya. 

Dari kegiatan penilaian ke Bangka Barat ini, dirinya berharap di seluruh Prov. Kep. Bangka Belitung minimal untuk semua Kelompok Kerja (Pokja) yang ada mempunyai kesetaraan atau sama, sehingga tidak ada jarak yang berarti antar satu sama lain.

“Kami dari pusat akan menilai bukti-bukti pelaksanaan sesuai prosedur yang sangat dibutuhkan. Selain itu,yang akan menjadi penilaian juga terkait dengan komunikasi dan sinergi antar pokja dalam pelaksanaan kegiatan,” paparnya. 

Dari semua hal tersebut Safriati menginginkan agar organisasi PKK di daerah Bangka Barat selangkah lebih maju dari sebelumnya.

Dikesempatan yang sama, Camat Parittiga, Adhian Zulhajjany  mengatakan rasa senangnya karena ada beberapa desa dikecamatannya yang terpilih pada salah satu kegiatan prioritas dan unggulan PKK yaitu IVA Test di Kecamatan Parittiga ke tingkat provinsi. 

“Saya juga sangat mengapresiasi ibu-ibu PKK disini yang sudah bekerja keras dan sukarela meluangkan waktunya dalam melaksanakan kegiatan yang ada hingga tercetus inovasi HIDAIAH (Habis Iva Dapat Hadiah)” ujarnya

Hal ini dilakukan untuk memberikan motivasi kepada masyarakat di Parittiga untuk lebih peduli dan sadar akan pentingnya IVA Test. 

Kegiatan di Kecamatan Parit Tiga ini dihadiri Pj Ketua TP PKK Kabupaten Bangka Barat, serta seluruh kepala desa seKecamatan Parittiga.

Sumber: Dinas KominfoPenulis: AliyahFotografer: Jo FandiEditor: IrnawatiKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita

Pj Gubernur Safrizal Bersama Kejagung Gelar Rapat Bahas Pembenahan Tata Kelola Pertambangan Timah di Babel

Wed, 07/17/2024 - 15:48

PANGKALPINANG - Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Safrizal ZA berharap dengan adanya proses penegakan hukum dari Kejaksaan Agung (Kejagung) terhadap tindak pidana korupsi komoditas timah di Babel dibarengi dengan pembenahan tata kelola dan tata niaga pertambangan timah. 

"Misalnya, kami berharap pihak Kejagung dapat menyampaikan ke Kementerian ESDM untuk segera menyelesaikan Juknis terkait IPR dan penerbitan RKAB," ujar Pj Gubernur Safrizal pada Rakor Tata Kelola Benda Sitaan Perkara Tindak Pidana Korupsi di Wilayah IUP PT Timah yang bertempat di Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur, Rabu (17/7). 

Dijelaskannya, hingga saat ini pihaknya menunggu Juknis tersebut yang didalamnya tertuang mulai dari proses perizinan hingga aturan reklamasi sebagai persyaratan penerbitan IPR bagi masyarakat penambang. 

Termasuk juga mempercepat penerbitan RKAB bagi perusahaan pertambangan yang legal, sehingga aktivitas pertambangan di Babel dapat beroperasi dengan normal. Imbasnya menambah lapangan pekerjaan bagi para pekerja yang selama ini bekerja secara ilegal dan juga menambah pendapatan bagi negara, termasuk bagi Babel itu sendiri. 

"Perlu kita ketahui bersama saat ini pertumbuhan ekonomi di Babel terjun payung dari yang biasanya 5% menjadi 1%. Hal itu dikarenakan selama ini sektor pertambangan timah menjadi penyumbang pertumbuhan ekonomi bagi Babel. Jadi kami harap sektor pertambangan yang legal tidak mendapat hambatan," terangnya. 

Disisi lain, ia juga menyampaikan bahwa kasus tipikor ini berpengaruh ke sektor lain. Yakni terdapat dua perusahaan kelapa sawit yang terpaksa merumahkan karyawannya akibat rekening kedua perusahaan tersebut diblokir Kejaksaan Agung (Kejagung). 

Selain karyawan, dampaknya juga akan terasa oleh petani yang bergantung pada pabrik tersebut untuk menjual hasil panen mereka. 

"Kami sangat mendukung proses penegakan hukum ini. Namun kami berharap adanya kebijakan dari pihak Kejagung terkait hal ini, karena berpengaruh dengan ribuan masyarakat kami," harapnya. 

Dalam rapat yang dihadiri Jaksa Agung Muda bidang Intelijen (Jamintel) Reda Manthovani, Direktur Pengamanan Pembangunan Proyek Strategis (PPS) pada Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen Patris Yusrian Jaya, serta unsur Forkopimda tingkat Provinsi hingga Kabupaten/Kota se-Babel itu juga membicarakan proses perubahan tata kelola kedepan, termasuk mengenai pemanfaatan aset-aset jika dapat dikelola pemerintah daerah 

Dikatakan Jamintel Reda bahwa kehadirannya untuk memastikan proses penegakan hukum yang dilakukan bertujuan untuk memastikan pertambangan timah di Babel dilakukan secara berkelanjutan dan bertanggung jawab, sehingga diharapkan pendapatan negara dari sektor pertambangan meningkat, dan masyarakat semakin sejahtera. 

"Sehingga kami akan sampaikan masukan-masukan dalam rapat ini kepada stakeholder terkait," ujarnya. 

Sementara itu, Direktur PPS Patris menyampaikan pembenahan tata kelola pertambangan harus dilakukan dengan cara melibatkan semua stakeholder yang terkait dengan pertambangan, dilanjutkan dengan mengintervensi dan merumuskan permasalahan yang ada pada proses perizinan hingga penjualan termasuk proses reklamasi. 

"Selanjutnya membuat kajian terkait mengenai pembenahan tata kelola pertambangan, kemudian mengajukan kajian tersebut untuk dirumuskan menjadi regulasi pertambangan, dan yang terakhir sosialisasi regulasi tersebut," pungkasnya. 

Sumber: Dinas KominfoPenulis: BudiFotografer: SaktioEditor: IrnawatiKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita

Kepala Diskominfo Kep. Babel Dorong Siswa Bijak Bermedia Sosial

Wed, 07/17/2024 - 12:19

PANGKALPINANG - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Sudarman, berkesempatan hadir sebagai narasumber di kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMAN 4 Pangkalpinang, Rabu (17/7).

Hadirnya ia di SMAN 4 Pangkalpinang sebagai pemateri MPLS membawa suasana nostalgia. Sebab, Sudarman dulunya adalah tenaga pendidik, bahkan sempat menjabat sebagai Wakil Kepala SMAN 4 Pangkalpinang di bidang Kurikulum pada tahun 1992 yang silam.

Diikuti oleh peserta didik baru, Sudarman memaparkan materi bertema “Bijak Bermedia Sosial, Membangun Citra Positif di Era Digital Demi Masa Depan Cemerlang”. 

"Media itu cara kita berkomunikasi, sedangkan sosial itu interaksi antara individual. Oleh sebabnya, kita dituntut untuk bijak dalam berkomunikasi dalam media sosial," jelasnya.

Dengan bijak, menurut Sudarman, maka aktivitas berselancar internet akan meminimalisir akan pengaruh-pengaruh berita-berita hoaks. Untuk faktor utama pendorong tumbuh suburnya penggunaan media sosial, yakni perkembangan telepon seluler menjadi perangkat utama untuk mengakses internet.

"Kalau dulu, mulutmu harimau mu, tapi kalau sekarang HP itu adalah harimau mu. Intinya, kalau kita menerima informasi jangan kita langsung sebarluaskan, tetapi kita harus cari fakta-faktanya dulu, apakah berita itu hoaks apa tidak? Jadi harus hati-hati dengan berita yang belum ada kebenarannya," tegasnya.

Sebaliknya, menurut Sudarman kepada para siswa baru agar menggunakan sosial media untuk hal-hal positif, terutama menjadikan pendapatan baru dengan menjadi konten kreator. 

"Media sosial ini bisa menjadi alat promosi bisnis yang efektif, karena dapat diakses oleh siapa saja, sehingga jaringan promosi bisa lebih luas," sebutnya.

Di sela-sela paparan, Sudarman cukup interaktif dengan peserta, dengan memberikan ruang peserta untuk bertanya. Seperti pertanyaan berat hukuman bagi mereka penyebar hoaks, dan lain-lainnya. 

"Jadi lah pengguna yang bijak, dan hati-hati, sehingga tidak dirugikan karena ketidaktahuannya. Saya harap literasi mereka akan lebih meningkat dan terus-menerus kita arahkan supaya menjadi lebih baik dalam bermedia sosial tersebut," ungkapnya.

Sementara itu, perwakilan SMAN 4 Pangkalpinang, Muhammad Nasrul menyebutkan penting bagi mereka untuk memberikan pemahaman kepada siswa baru agar bijak dalam bermedia sosial. Sebab, tidak dapat dipungkiri, katanya, usia pelajar SMA aktif dalam bermedia sosial, dan tidak mungkin menemukan beberapa siswa yang tidak bijak menggunakan media sosial, seperti mengeluarkan hujatan dalam berkomentar atau mengeluarkan ujaran kebencian.

“Kami merasa tepat untuk mendatangkan Diskominfo (Kep. Babel) untuk menjadi narasumber dalam kegiatan kali ini untuk memberikan pemahaman kepada siswa berkomunikasi, bahwa sekarang media sosial itu adalah salah satu media alat komunikasi, sehingga kita harus mengontrol mereka dalam hal penggunaan media sosial. Dari mereka pun agar mereka paham dan betul cara yang tepat dan bijak dalam penggunaan media sosial,” ujarnya.

Sumber: Dinas KominfoPenulis: IrnawatiFotografer: Jo FandiEditor: RanggaKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita

Pj Ketua TP PKK Safriati Safrizal Tinjau Progres Rutilahu Desa Selingsing

Tue, 07/16/2024 - 22:55

BELITUNG TIMUR - Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Safriati Safrizal meninjau kembali lokasi pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) bagi Suku Sawang di Desa Selingsing, Kabupaten Belitung Timur, pada Senin (15/7/2024). Didampingi Kepala Dinas Kesehatan Pemprov. Kep. Babel, Kabid Cipta Karya Perumahan dan Pemukiman Dinas PU, Kabid Infrastruktur Bappeda, serta Sekretaris TP PKK Prov. Kep. Babel, peninjauan ini merupakan kunjungan kedua setelah dilakukannya peletakan batu pertama pada 31 Mei 2024 lalu. 

"Pembangunan Rutilahu sendiri merupakan bagian dari rangkaian Rampak Gemintang (Gerakan Serempak Guna Eliminasi Kemiskinan dan Stunting Bangka Belitung) dimana TP PKK sebagai inisiatornya," ujar 
Pj Ketua TP PKK Safriati Safrizal. 

"Sehingga tidak ada lagi Suku Sawang di Desa Selingsing yang tinggal di kawasan yang tidak layak huni," tambahnya. 

Lebih lanjut, Safriati mengatakan PKK selaku mitra pemerintah akan terus aktif melakukan sosialisasi dan mengedukasi agar masyarakat dapat menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

"Melalui program PHBS kita berharap tumbuhnya kesadaran masyarakat untuk berperilaku dan menjaga lingkungan yang bersih dan sehat, guna mencegah dan terhindar dari berbagai penyakit penular," ujarnya. 

Sementara, Kabid Cipta Karya Perumahan dan Pemukiman Dinas PU menuturkan bahwa 
target tahun ini ialah sebanyak 40 unit, dan yang sudah berdiri berjumlah 28 unit. 

"Harapan kita 30 November 2024 mendatang bisa rampung semua. Dan untuk tahun 2025 akan dilanjutkan untuk tahap 2, yakni bantuan rumah untuk 30 kepala keluarga. Sehingga total ada 70 kepala keluarga penerima," terangnya. 

Dirinya berharap kedepannya Program Rutilahu ini akan dilengkapi dengan pembangunan fasilitas umum berupa saluran drainase, sarana rumah ibadah dan utilitas umum lainnya.

Sumber: Dinas KominfoPenulis: ImeldaFotografer: TP PKK Prov. Kep. BabelEditor: IntanKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita

Pj Gubernur Safrizal Sampaikan Rancangan Pertanggungjawaban APBD 2023 ke DPRD Babel

Tue, 07/16/2024 - 18:39

PANGKALPINANG - Penyampaian Rancangan Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023 resmi diterima DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) pada rapat paripurna hari ini, Selasa, (16/7/2024).

Penyampaian rancangan ini diserahkan langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Babel Safrizal ZA yang diterima Ketua DPRD Babel Herman Suhadi dengan disaksikan para pimpinan lainnya, Kepala OPD, serta anggota DPRD Babel.

Dalam sambutannya, Pj Gubernur Safrizal ZA menerangkan, rancangan pelaksanaan APBD 2023 ini terdiri dari laporan keuangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel, diantaranya laporan realisasi anggaran, laporan perubahan saldo anggaran lebih, neraca, laporan operasional, laporan arus kas, laporan perubahan ekuitas, dan  catatan atas laporan keuangan.

"Laporan keuangan ini sendiri telah diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Babel. Disamping itu, hal yang paling pokok dari pertanggungjawaban keuangan ini adalah upaya konkrit dan niat baik dalam mewujudkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah," jelasnya.

Ia menuturkan, secara garis besar realisasi yang telah dicapai terhadap pagu APBD Babel 2023 pada pos pendapatan setelah APBD perubahan senilai Rp2,6 triliun. Terdiri dari pendapatan asli daerah mencapai Rp1,03 triliun dan pendapatan transfer pusat Rp1,5 triliun. 

"Semula dianggarkan defisit Rp876 miliar ternyata dalam realisasinya mengalami defisit Rp591 miliar. Dan setelah ditambah dengan realisasi pembiayaan neto senilai Rp880 miliar menjadi sisa lebih pembiayaan anggaran (Silpa) tahun 2023 yaitu senilai Rp288 miliar," urainya.

Safrizal mengakui, adanya keberhasilan yang dicapai ini merupakan hasil kerja bersama DPRD Babel dan lainnya. Kendati demikian, kekurangan yang terjadi tetap ada terutama dalam kegiatan yang berhubungan langsung dengan masyarakat sehingga belum dapat memuaskan semua pihak.

"Untuk itu pada kesempatan ini, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya dan mudah-mudahan pada tahun-tahun yang akan datang semua kekurangan itu dapat diperbaiki secara bertahap. Saya juga persilahkan untuk DPRD Babel meneliti dan mengevaluasi kembali terhadap lampiran yang menjadi bagian tak terpisahkan dari rancangan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2023," ungkapnya.

Sumber: Dinas KominfoPenulis: IrnawatiFotografer: Iyas ZiEditor: IntanKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita

Pj Gubernur Terima Audiensi Warga Bangka Barat Terkait Konsesi HTI PT Bangun Rimba Sejahtera

Tue, 07/16/2024 - 17:06

PANGKALPINANG - Masyarakat Kabupaten Bangka Barat temui Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Safrizal ZA guna menyampaikan harapannya terkait perizinan HTI PT Bangun Rimba Sejahtera. Kedatangan warga yang didampingi Bupati dan Wakil Bupati beserta Forkopimda Kabupaten Bangka Barat diterima langsung oleh Pj Gubernur Safrizal, Sekda Fery Afriyanto beserta Forkopimda Pemprov. Kep. Babel di Ruang Rapat Batu Rakit, Selasa (16/7/2024).

"Pada prinsipnya pertemuan ini bertujuan agar ada solusi yang disepakati dan masih berada dalam koridor peraturan maupun undang undang yang berlaku. Nanti akan kita lihat apakah kewenangan itu ada di daerah atau di pusat," ujar Pj Gubernur mengawali arahannya. 

Sebagaimana diketahui, pada tahun 2013 PT Bangun Rimba Sejahtera diberikan hak konsesi Hutan Tanaman Industri (HTI) seluas lebih kurang 66 ribu hektar di Kabupaten Bangka Barat. 

Sementara, menurut pengakuan salah satu warga Bangka Barat yang turut hadir, pemberian hak konsesi tersebut ternyata berimbas pada pelarangan terhadap warga yang selama ini sudah melakukan aktivitas di lahan tersebut, sebelum hak konsesi itu diberikan kepada PT Bangun Rimba Sejahtera.

"Padahal tanah ini lahan turun-temurun tempat kami mencari nafkah," ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Pj Gubernur Safrizal menuturkan bahwa dirinya beserta jajaran terkait sudah mempelajari runutan masalah tersebut dan juga telah menyampaikan aspirasi masyrakat dari enam kecamatan di Kabupaten Bangka Barat kepada Pemerintah Pusat. 

"Oleh karena itu, dalam waktu dekat kami akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat sembari saya minta agar dilakukan pendataan disertai dengan titik koordinat areal mana saja yang telah dikerjakan oleh madyarakat kita. Jadi untuk sementara saya minta masyarakat maupun PT Bangun Rimba Sejahtera kooperatif agar data ini dapat kita sampaikan ke Pemerintah Pusat," pungkasnya. 

Sumber: Dinas KominfoPenulis: ImeldaFotografer: Iyas ZiEditor: IntanKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita

Pj Gubernur Safrizal Beri Arahan Terkait Uji Kompetensi JPT di Pemprov Kep Babel

Tue, 07/16/2024 - 13:40

PANGKALPINANG - Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Safrizal ZA memberikan arahan kepada seluruh Pimpinan Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel). 

"Kita akan memulai suatu proses wawancara uji kompetensi bagi Pejabat Tinggi Pratama (JPT), semacam job fit. Para pejabat di kita ini termasuk yang tidak gampang mutasi dan rotasi," ujarnya di Aula Graha Tama Wiyata BKPSDMD Prov. Kep. Babel pada Selasa (16/7/2024). 

Dirinya menjelaskan, wawancara ini juga berdasarkan pertimbangan situasi dimana beberapa jabatan belum diisi oleh Pimpinan Tinggi Pratama, sehingga pengisiannya tidak harus semuanya dilelang orang baru namun bisa diduduki oleh JPT yang sudah lama menjabat di Perangkat Daerah lain. 

"Jadi sebagiannya nanti setelah ini, sisanya yang belum ada kita lelang, peluang bagi pejabat di bawahnya untuk mengikuti. Jadi di fix kan dulu yang ada, dengan job fit yang dipimpin oleh pak Abdul Fatah yang memang sudah mumpuni di bagian kepegawaian," jelasnya. 

Seperti diketahui, susunan panitia atas pelaksanaan Wawancara Uji Kompetensi JPT di lingkungan Pemprov. Kep. Babel terdiri dari Abdul Fatah, Bustami Rahman, Asyraf Suryadin, Susanto, dan Ibrahim. 

Tak lupa, dirinya mengucapkan terima kasih kepada panitia pelaksanaan Wawancara Uji Kompetensi, sembari berharap memperoleh hasil terbaik dan bisa memetakan berdasarkan potensi yang sudah ada. 

"Selamat mengikuti job fit ini, semoga semua langkah kita ini merupakan bagian dari pengabdian kita kepada bangsa, pemda, dan masyarakat Bangka Belitung," pesannya kepada para Pimpinan Perangkat Daerah. 

Sementara itu, Kabid Mutasi BKPSDMD Provinsi Kep. Babel, Rusdianto mengatakan terdapat sebanyak 23 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Pemprov. Kep. Babel yang memenuhi syarat dan direkomendasikan oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk mengikuti Wawancara Uji Kompetensi ini. 

Dijelaskan Rusdianto, untuk beberapa Jabatan Tinggi Pratama yang kosong diantaranya Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Prov. Kep. Babel, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Prov. Kep. Babel, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Prov. Kep. Babel, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Prov. Kep. Babel, Kepala Dinas Koperasi UKM Prov. Kep. Babel, Kepala Badan Kesbangpol Prov. Kep. Babel, Kepala Dinas ESDM Prov. Kep. Babel, dan Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Prov. Kep Babel (Pembentukan OPD Baru). 

Sumber: Dinas KominfoPenulis: Lisia AyuFotografer: DinaEditor: BudiKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita

Raih Juara Terbaik! Pj Gubernur Babel Apresiasi Pangkalpinang di Kejurnas Olahraga 2024

Mon, 07/15/2024 - 19:52

PANGKALPINANG - Tim Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) meraih juara pertama pada Festival Olahraga Tradisional Tingkat Nasional (Fotradnas) ke-XIII tahun 2024 yang diikuti oleh 12 provinsi, dimana untuk tahun ini diselenggarakan di Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah. 

Penjabat (Pj) Gubernur Kep. Babel, Safrizal ZA, memberikan apresiasi kepada Kota Pangkalpinang yang sudah mewakili Kep. Bangka Belitung di ajang Kejurnas Olahraga dan berjuang membawa nama Provinsi Bangka Belitung.

"Kami sangat bangga dan mengapresiasi terpilihnya Kota Pangkalpinang untuk mewakili Bangka Belitung di ajang Kejurnas Olahraga. Ini adalah bukti bahwa kerja keras dan dedikasi dari seluruh pihak, baik pemerintah daerah maupun komunitas olahraga, telah membuahkan hasil," ujarnya

Direncanakan pada tanggal 4 Agustus 2024 mendatang, akan diadakan malam gala dinner bertepatan dengan pelaksanaan Kejurnas Atletik antar PPLP/D dan SKO se-Indonesia Tahun 2024 di Rumah Dinas Wali Kota Pangkalpinang, disaksikan oleh perwakilan peserta Kejurnas Atletik dari Perwakilan Provinsi Se-Indonesia. 

"Saya bersyukur sekali dan sangat membanggakan bahwa Bangka Belitung bisa mendapatkan penghargaan sebagai juara terbaik dalam ajang ini. Kami berharap prestasi ini dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi seluruh masyarakat Bangka Belitung untuk terus mengembangkan potensi di bidang olahraga, seni, dan budaya. Semoga ke depan, Bangka Belitung semakin dikenal sebagai daerah yang berprestasi di tingkat nasional,” kata Safrizal.

Sementara itu itu, Kepala Bidang Olahraga Disbudparpora Provinsi Babel Harun saat diwawancara, Senin (15/7) menjelaskan bahwa, Fotradnas merupakan gelaran yang diinisiasi oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga dengan memperlombakan olahraga tradisional dari masing-masing daerah yang belum pernah ditampilkan pada festival-festival lain sebelumnya. 

“Alhamdulillah, Bangka Belitung berhasil menjadi juara pertama, yang kemudian disusul DIY, dan ketiga Jawa Tengah,” ujarnya.

Tujuannya sebagai sarana penggalian olahraga tradisional di Nusantara, dengan harapan kegiatan-kegiatan olahraga tersebut dapat tumbuh dan berkembang di tengah masyarakat dalam melestarikan budaya masing-masing daerah. 

Keberhasilan Babel meraih juara pertama, tak terlepas juga peran dari Disbudparpora Bangka Belitung bekerja sama dengan Dispora Kota Pangkalpinang yang menampilkan karya 'Beradu Ngidup Api Selikur' yang digagas oleh Penggerak Komunitas Olahraga Tradisional (KOMPOT) Kota Pangkalpinang. 

Kejurnas ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk memperkuat semangat dan motivasi para atlet serta mempererat hubungan antara pemerintah daerah dan komunitas olahraga.

Sumber: Dinas KominfoPenulis: BudiFotografer: DisporaEditor: Lisia AyuKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita

Langkah Konkret Pengendalian Inflasi di Daerah Tahun 2024

Mon, 07/15/2024 - 18:01

PANGKALPINANG - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Muhammad Tito Karnavian memimpin rapat pengendalian inflasi dalam rangka membahas Langkah Konkret Pengendalian Inflasi di Daerah tahun 2024 yang berlangsung di Ruang Sasana Bhakti Praja Kemendagri di Jakarta dan diikuti oleh seluruh Kepala Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia melalui aplikasi Zoom Meeting, Senin ( 15/07/24 ).

Untuk Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel), dihadiri oleh Penjabat (Pj) Sekda Pemprov. Kep. Babel Fery Afriyanto yang mewakili Pj. Gubernur mengikuti rapat ini di ruang rapat Vidcon Kantor Gubernur Kep. Babel di dampingi Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kep. Babel, serta beberapa Kepala Perangkat Daerah lainnya.

Mengawali rapat Mendagri Tito mengatakan bahwa, Indonesia dalam hal mengatasi inflasi cukup berhasil sehingga ada beberapa negara ingin belajar dengan Indonesia dalam hal mengatasi hal ini.

"Trend pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan I tahun 2024 sebesar 5,11 persen lebih tinggi dibandingkan pada tahun 2023, dibandingkan triwulan 4 tahun 2023, triwulan I tahun 2024 terkontraksi sebesar 0,83 persen (q-to-q) mengikuti pola musiman seperti tahun sebelumnya," ujarnya. 

Inflasi berdasarkan kelompok pengeluaran (m-to-m%) terjadi pada makanan, minuman, dan tembakau  serta transportasi. Mendagri  Tito menuturkan tingkat inflasi di tanah air tingkat provinsi kabupaten/kota per-Juni 2024 (Y-0-Y) Provinsi Kep. Babel cukup berhasil menekan inflasi 1, 08 terendah di Indonesia.

Adapun index perkembangan harga bahan pangan Minggu ke-II Juli 2024 komoditas yang mengalami kenaikan cabai rawit di 165 daerah kabupaten kota, minyak goreng di 143 daerah kabupaten kota, dan beras di 113 kabupaten kota.

Untuk mengatasi kenaikan cabai, Tito Karnavian menganjurkan kepada pemerintah daerah supaya masyarakat menanam cabai setiap rumah 10 batang cabai.

"Masalah kenaikan cabai ini dapat di atasi segera apabila di setiap rumah masyarakat menanam 10 batang cabai di pekarangan rumah,,itu bisa memenuhi kebutuhan rumah tangga dan harga cabai pasti turun," ujar Menteri Tito.

Dalam kesempatan itu ia mengatakan saat ini sedang terjadi krisis pangan dunia, akibat kejadian El Nino pada tahun 2014, 2015, dan 2023 untuk itu pemerintah telah melakukan antisipasi dengan memperluas areal pertanian.

Adapun penyebab menurunnya produksi padi di Indonesia akibat beberapa hal, seperti pengurangan pupuk 50 %, petani tidak bisa mengunakan kartu tani sebanyak 17-20 %, kekeringan, irigasi kurang baik, dan kekurangan PPL.

Pemerintah saat ini melakukan terobosan untuk meningkatkan produksi padi agar bisa swasembada pangan dengan melakukan beberapa langkah yaitu:
melakukan pembagian pompanisasi untuk persawahan seluas 1 juta hektar, optimalisasi lahan rawa 1 juta hektar, cetak sawah baru 3 juta hektar, rehabilitasi jaringan irigasi 3 juta hektar, optimalisasi 61 waduk, aplikasi teknologi pertanian modern, penambahan jumlah penyuluh pertanian, serta beberapa hal penting lainnya untuk meningkatkan produksi padi di Indonesia.

Mendagri juga mengingatkan kepala daerah untuk mengantisipasi ancaman kekeringan yang akan terjadi pada bulan Agustus dan September mendatang.
Untuk di ketahui penyaluran pupuk bersubsidi nasional sudah mencapai 65,2 ,% dari alokasi awal yang di tetapkan dalam Kepmentan 744/2023.

Dalam rapat kali ini juga membahas terkait mengenai rencana pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional Polio di daerah. Di Indonesia cakupan imunisasi dasar lengkap turun dari 84,2 % pada tahun 2020 menjadi 79,6% pada tahun 2021 menjadikan anak-anak di seluruh Indonesia beresiko lebih besar tertular penyakit yang dapat di cegah dengan vaksin seperti difteri, tetanus, campak, rubella, dan polio. Sementara notifikasi kasus TB tahun 2024 sebanyak 393 ribu sampai akhir Juni 2024.

Sementara Pj. Sekda Pemprov. Kep Babel Fery Afriyanto mengatakan, bahwa apa yang di katakan oleh Mendagri baik dalam mengatasi inflasi, penanganan penyakit TBC, dan mengatasi penerapan imunisasi penyakit polio, tentunya Pemprov Kep. Babel telah mempersiapkannya sesuai yang dianjurkan.

"Syukur alhamdulillah dalam hal mengatasi inflasi kita cukup baik, mudah-mudahan ke depannya ekonomi kita lebih baik," tegas Pj. Sekda. 

Sumber: Dinas KominfoPenulis: Hasan A.M.Fotografer: Jo FandiEditor: Lisia AyuKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita

ADU GenRe 2024 Sukses Terselenggara, Pemprov Babel Harapkan Finalis Jadi Role Model Untuk Generasi Muda

Sat, 07/13/2024 - 21:00

PANGKALPINANG - Setelah melalui proses penilaian selama masa karantina dan berakhir di Grand Final, Elvino Febiansyah dan Devina Andaresta asal Kabupaten Bangka Selatan (Basel) berhasil meraih gelar Duta GenRe Provinsi Kep. Babel di ajang Pemilihan Apresiasi Duta Generasi Berencana (ADU GenRe) Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2024 yang digelar di Ballroom Bangka City Hotel, Sabtu (13/7/2024). 

Menyandang posisi Runner Up 1 Audy Permana dan Mawar yang juga berasal dari Kabupaten Basel, disusul Evril Pramezo dari Kabupaten Belitung dan Auditra Dayana Batrisya dari Kota Pangkalpinang sebagai Runner Up 2. 

Ketiga pemenang tersebut terpilih dari total 28 peserta yang berasal dari seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang mana sebelumnya telah mengirimkan delegasinya masing-masing untuk mengikuti ajang kompetisi remaja tingkat provinsi ini, yang kali ini mengusung tema “Bersinergi dengan Aksi, Wujudkan Inovasi untuk Remaja yang Menginspirasi”. 

Turut hadir dan membuka secara resmi, Kepala Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Administrasi Kependudukan, Pencatatan Sipil dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana ( DP3ACSKB) Provinsi Kep. Babel Dr.Asyraf Suryadin, M.Pd yang menyampaikan dukungan Pemprov Kep. Babel terhadap program Generasi Berencana. 

“Kegiatan seperti ini harus digalakkan agar para remaja terfokus pada kegiatan positif yang akan menciptakan generasi emas," ujarnya. 

Menurut Asyraf, program GenRe ini dapat memberikan edukasi kepada remaja agar dapat menghindari pernikahan usia muda, seks sebelum menikah serta penyalahgunaan NAPZA (Narkoba, Psikotropika dan Bahan adiktif ). 

“Kepada para remaja yang menjadi Duta GenRe, kalian adalah panutan bagi remaja lainnya, tunjukkan kontribusimu karena pembangunan bangsa ini ada dipundakmu, Teruslah berprestasi agar anak-anak Babel terhindar dari pernikahan dini,” pungkas Asyraf. 

Hal yang sama juga dikatakan Kepala BKKBN Prov. Kep. Babel, Mhd Irzal. Dari kegiatan ini ia berharap kalangan remaja memiliki pengetahuan, sikap dan perilaku yang positif dalam pengembangan diri secara fisik, mental, intelektual, spiritual dan sosial. 

“Untuk Duta GenRe yang terpilih nanti sekiranya mampu menjadi contoh dan figur teladan bagi remaja lainnya terutama dalam membangun persiapan kehidupan berkeluarga nantinya,” ucapnya. 
 
Berikut ialah nama-nama pemenang pada ajang Apresiasi Duta GenRe Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 2024: 
Duta Genre Bangka Belitung
Elvino Febiansyah
Devina Andaresta
Runner Up 1 Duta Genre Bangka Belitung
Audy Permana
Mawar
Runner Up II Duta Genre Bangka Belitung
Efril Pramezo
Auditra Dayana Batrisya
Duta Genre Inovator Program Bangka Belitung
Viana Putri Pratiwi
Duta Genre Media Inspirator Bangka Belitung
Jerry Thuwandy
Duta Genre Favorit Bangka Belitung
Nasyifa Khairunnisa
Duta Genre Intelegensia Bangka Belitung
Chaesya Aflana Putra

Sumber: Dinas KominfoPenulis: AliyahFotografer: SaktioEditor: KrisKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita

Pages