Berita Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Subscribe to Berita Provinsi Kepulauan Bangka Belitung feed
Updated: 18 min 32 sec ago

Safriati : Saya Kesini, Mau Melihat, Membeli dan Promosi

Fri, 02/23/2024 - 11:17

GANTUNG - Dalam rangkaian kunjungan kerja Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Safriati Syafrizal di Pulau Belitung, Kelompok Usaha Bersama (KUD) Kerajinan Batik Telinsing juga menjadi salah satu tujuan kunjungan kerjanya. 

Bertempat di Desa Selinsing Kecamatan Gantung Kabupaten Belitung Timur, Kerajinan Batik yang lahir dari pelatihan yang diadakan pemerintah provinsi bersama pemerintah kabupaten ini kini telah menjadi salah satu kebanggaan Kabupaten Belitung. 

Dipelopori oleh Ibu Fatima yang sudah berusia 64 tahun, Batik dengan motif khas rumput selinsing ini sudah bisa menjual produknya hingga ke expo-oxpo lokal di Pulau Belitung. 

Ibu Fatima, merupakan seorang Guru TPA, bersama satu orang temannya bisa memproduksi batik dengan tehnik cap dan tulis dengan berbagai warna, 

"Dimulai usai pelatihan seorang pemateri yang berasal dari Jogjakarta, saya akhirnya berani untuk mulai membuat produk kain batik sendiri. Mulai dari bahan baju hingga taplak meja dan pelan-pelan kami juga membuat kerajinan makrame," cerita Ibu Fatima. 

Diakuainya ke Safriati, bahwa salah satu kendala pemasaran juga membuat perputaran modal menjadi lama dan sulit untuk memproduksi lebih banyak, selain waktu produksi yang hanya dilakukan dua orang saja. Walau dirinya jarang absen untuk ikut pameran-pameran di pusat kota. 

Safriati pun menanggapi kendala yang disampaikan, dirinya pun mengatakan bahwa kunjungannya memang ingin mendengar, membantu hingga membeli produk kerajinan batik yang diproduksi di BUD ini. 

Beberapa saran disampaikan, seperti menambah anggota pengrajin untuk meningkatkan produksi. Selain itu, dikatakannya untuk meningkatkan penjualan dapat melibatkan para anak-anak muda di desa.

"Libatkan anak-anak remaja di desa, mereka suka main handphone, mereka bisa menjadi fungsi pemasaran produk desa ini," ungkapnya. 

Selain berkunjung, dirinya juga membeli produk-produk UMKM dari Desa Selinsing. Dirinya juga membeli produk batik berupa syal. 

Sumber: Dinas KominfoPenulis: NonaFotografer: DinaEditor: IrnawatiKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita

Miliki Peralatan yang Cukup Memadai, Safriati Ingin Desa Limbongan Jadi Sentra Tenun

Fri, 02/23/2024 - 09:41

GANTUNG - Saat mengunjungi Kelompok Usaha Bersama (KUB) Kerajinan Tenun Gunong Lumut pada Kamis (22/02/2024), Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Safriati Safrizal berharap KUB ini menjadi sentra tenun di Desa Limbongan, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur tersebut.

Hal itu dikarenakan KUB yang berada dibawah binaan Disperindag Kabupaten Belitung Timur itu telah memiliki 3 mesin alat tenun bukan mesin (ATBM) dan 2 Mesin dobby. Safriati menyayangkan jika peralatan tersebut tidak dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian desa. 

"Alatnya banyak. Harus dimanfaatkan," ajaknya ketika mengetahui bahwa ketersediaan alat tenun disini cukup banyak yang didapat dari hibah pemerintah. 

Berbincang dengan salah satu penenun yang berusia remaja, Safriati menyemangati untuk terus aktif menenun sehingga mendapat nilai ekonomi. 

"Kamu masih muda, kamu juga bisa berkreasi motif sesuai dengan keinginan kamu sendiri. Saya senang melihat anak-anak muda seperti ini," ungkapnya memuji. 

Kesempatan berkarya, disarankannya bisa dimulai dari anak-anak yang mungkin putus sekolah, yang bertujuan agar selain bisa berkreasi namun juga bisa mendapat penghasilan tambahan. 

"Luangkan waktu untuk membuat tenunan ketimbang hanya untuk main handphone," tegasnya menyarankan. 

Melihat hasil salah satu produksi, Safriati tidak hanya memuji, tetapi juga membeli produk untuk koleksi pribadi.

"Saya menyarankan, gunakan bahan dengan kualitas bagus, misalnya benang emas dan sebagainya, karena capeknya sama, waktu yang dihabiskan juga sama, tetapi nilai jualnya lebih tinggi," jelasnya. 

Sebagai informasi, KUB itu sendiri mampu menghasilkan produk seperti kain, selendang, kain penutup keminangan, hingga taplak meja dan lainnya. Dimana sistem produksi berjalan sesuai pesanan. Namun, hingga kini mereka memiliki kendala yakni keterbatasan SDM hingga pemasaran.

Menanggapi hal itu, dirinya mengatakan akan menindaklanjuti kendala-kendala yang dihadapi KUB ini. Ia akan menyampaikan kepada Disperindag Provinsi Babel untuk menyurati Disperindag Kabupaten Belitung Timur agar dilakukan pembinaan, produksi, hingga pemasarannya. 

Selain melihat apa kendala yang dialami, dirinya juga berkeinginan mendorong kerajinan ini berjalan baik, karena alatnya sudah tersedia sehingga harus lebih produktif. Karena menurutnya, KUB ini bisa menjadi sentral tenun, sehingga sangat disayangkan jika tidak dimanfaatkan. 

"InsyaAllah saya datang lagi sebagai Pj Ketua Dekranasda Provinsi Babel bersama dengan Disperindag Provinsi Babel," ungkapnya sebagai rencana tindaklanjut. 

"Ibu tugasnya mengajak anak-anak muda di desa ini untuk membantu mempromosikan produk-produk seperti ini," pesannya. 

Sumber: Dinas KominfoPenulis: NonaFotografer: DinaEditor: BudiKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita

Penjabat TP PKK Babel Safriati Safrizal Lakukan Penanaman Bibit Cabai Di Belitung Timur

Fri, 02/23/2024 - 09:32

MANGGAR - Bersama pengurus TP PKK Kabupaten Belitung Timur, Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Safriati Safrizal melakukan penanaman bibit pohon cabai hari ini dalam rangka kegiatan Kick Off Penanaman Secara Serentak Komoditas Pertanian dan Pemberian Bibit Cabai pada Kamis, (22/2/2024)

Didampingi langsung Pj Gubernur Safrizal ZA, Safriati menyerahkan secara simbolis sebanyak 400 bibit cabai dari total 2.500 bibit cabai yang telah siap untuk di sebar di Kabupaten Belitung Timur kepada Ketua TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Belitung Timur yang berlokasi di Halaman Belakang Kantor Bupati Belitung Timur.

"Mudah-mudahan kegiatan seperti hari ini bisa menjadi percontohan bagi kita. Mari bersama bersinergi mewujudkan ketahanan pangan di Kep. Babel,” ungkap Safriati dalam sambutannya. 

Pada kesempatan ini, Safriati menyampaikan kepada Pj Gubernur Safrizal berserta jajaran Forkopimda Belitung Timur dan undangan yang hadir seperti Perwakilan Bank Indonesia, bahwa gerakan ini merupakan keikutsertaan TP PKK dalam mensupport pemerintah provinsi hingga kabupaten untuk menangani inflasi. 

"Kami adalah tim atau organisasi terbesar yang ada diseluruh Indonesia yang bisa masuk ke rumah tangga. Yang paling mendekati realistis itu adalah Tim Penggerak PKK," jelasnya . 

Kepada dinas-dinas yang hadir, Safriati juga mengajak untuk memanfaatkan keberadaan kader-kader PKK yang masih aktif melakukan program kunjungan ke rumah-rumah masyarakat, misalnya untuk melihat jentik nyamuk, mendata kesehatan, anak, ibu hamil hingga lansia. 

"Kami punya tim yang luar biasa, yang bekerja keras dan kami adalah militan yang siap turun ke lapangan, kami tidak di gaji selama ini," jelasnya lebih lanjut dalam membuktikan kerja keras TP PKK untuk membantu pembangunan di Bangka Belitung 

Selain itu, dirinya juga mengajak pihak CSR Perusahaan, Perbankan dan lainnya untuk bekerja sama dalam rangka mendukung kerja keras Tim Penggerak PKK.

"Kader-kader kami bisa dimanfaatkan yang bisa menembus ke rumah-rumah, maka data ini bisa dimintakan kepada kami karena kami adalah mitra bapak-bapak untuk membantu kinerja di pemerintahan," tegasnya. 

Di kesempatan yang sama, Pj Gubernur Safrizal yang berkesempatan hadir juga menyampaikan sambutannya, dirinya mengatakan hingga hari ini Bangka Belitung khususnya berhasil, saat diminta untuk menjaga agar inflasi di Indonesia ini agar tetap terkendali. 

Tentunya, diakui Safrizal ZA bahwa ini diraih bukan hanya karena semua pihak saling bekerja sama sehingga hasil yang didapat harus dijaga tetapi jika tidak waspada mungkin saja bisa kalah lagi. 

"Bukankah memperjuangkan itu terkadang lebih mudah dari pada mempertahankan," tegasnya. 

"Gerakan ini tidak boleh berhenti di 20-30 pohon tertanam saja karena kita perlu untuk jutaan pohon," ungkapnya sembari mengajak gerakan ini untuk terus dilaksanakan disemua lini hingga pada masyarakat. 

"Mudah-mudahan dengan semangat bersama kami pemprov siap membantu," tutup Safrizal.

Sumber: Dinas KominfoPenulis: NonaFotografer: DinaEditor: Aliyah FitriKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita

Pj Ketua TP PKK Babel Dengarkan Aspirasi Pasien di PSBLH Selinsing

Fri, 02/23/2024 - 08:37

GANTUNG - Ketua Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Safriati Syafrizal kunjungi UPTD-PSBLH (Unit Pelaksana Teknis Dinas - Panti Sosial Bina Laras Hijrah) di Desa Selinsing Kabupaten Belitung Timur, Kamis (22/02/24). 

"Alhamdulillah artinya produktif ya dengan menanam sayuran hidroponik dan bisa dikonsumsi dan bahkan di jual," ungkap Safriati saat tiba di UPTD PSBLH yang memberikan layanan rehabilitasi bagi penyandang disabilitas mental, sebab tampak tanaman hidroponik yang ditanam dan dirawat oleh pasien. 
 
Dalam sambutannya, Pj Ketua TP PKK ini juga menyampaikan sambutannya untuk menyapa para pasien.

"Saya berkunjung pada kesempatan ini, untuk bertemu bapak dan ibu. Kami bisa merasakan kerinduan kalian kepada keluarga di rumah," ungkapnya. 

Dirinya berharap, semua pasien bisa nyaman selama perawatan di panti dan bisa segera kembali sehat dan berkumpul bersama keluarga. 

"Semoga bisa kembali lagi bersama-sama keluarga di rumah. Bapak/Ibu juga diberi kesehatan," ungkapnya berharap. 

Di Aula UPTD PSBLH, Safriati yang didampingi oleh Kepala Dinas Sosial dan PMD Babel, juga membuka waktu untuk mendengarkan cerita para pasien selain menyampaikan aspirasi, harapan, dan cita-cita mereka sepulang dari panti. Dirinya juga berkesempatan membagikan bantuan sosial kepada pasien berup bahan makanan pokok, pakaian, dan tas.

Mendengar aspirasi warga binaan, dirinya pun menjanjikan untuk memberikan alat olahraga, alat cukur rambut, dan lainnya sesuai dengan aspirasi yang disampaikan, dengan harapan para pasien bisa mengisi aktivitas di panti dan lebih mandiri.

Dirinya berpesan agar para pasien aktif dalam kegiatan yang diadakan perawat-perawat di panti, dan akan menyampaikan bantuannya jika para pasien berhasil menanam dan merawat tanaman cabai yang juga disampaikannya pada kunjungan ini. 

"Pak Pj (Pj Gubernur Safrizal) sedang menjalankan program bagi-bagi bibit cabai. Saya minta tolong untuk pihak panti menyiapkan lahan dan kita akan salurkan bibit cabai untuk ditanam di sini," jelasnya. 

"Kalau tanaman cabainya sehat, makmur, nanti saya akan berikan permintaan-permintaan yang sudah kalian sampaikan ke kami," ajaknya. 

Pasien yang mendapatkan perawat di UPTD ini memiliki waktu dua tahun maksimal, harapannya bisa keluar dari panti dan siap untuk mandiri. Maka, Safriati mengingatkan kepada mereka untuk masing-masing memiliki keahlian. 

"Perdalam keahlian kalian. Seperti misalnya kepandaian pijat, bisa mendalami keahlian pijat. Agar nanti pulang ke rumah ada keahlian yang bisa menghasilkan uang dan artinya bisa mandiri," jelasnya memotivasi. 

Selain beberapa hal yang sudah disampaikan dan bisa segera dipenuhi oleh Pj Ketua TP PKK ini, bersama kepala Dinsos dan PMD Babel juga menyampaikan bantuan berupa perlengkapan pribadi untuk masing-masing pasien dan bahan makanan. 

Sumber: Dinas KominfoPenulis: NonaFotografer: DinaEditor: Lisia AyuKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita

Pj Ketua TP PKK Sosialisasikan Stunting dan Pastikan Pelayanan Posyandu Berjalan Baik

Thu, 02/22/2024 - 15:58

SIMPANG PESAK - Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Safriati Safrizal beserta pengurus mengunjungi Posyandu Melati di Desa Lilangan Kecamatan Simpang Pesak, Kabupaten Belitung Timur guna memastikan pelayanan di Posyandu berjalan dengan baik, Kamis 22/2/2024.

Selain bertemu dan berbincang dengan para lansia, ibu hamil dan balita yang hadir, Safriati juga memastikan setiap meja pelayanan menjalankan fungsi dan memberi layanan kepada masyarakat sesuai dengan ketetapannya. 

"Akhirnya saya bisa ke sini? Ke Posyandu Melati di Desa Lilangan. Alhamdulillah bisa bertatap muka dengan ibu-ibu semua," sapanya. 

"Saya ingin melihat secara langsung, bagaimana aktivitas di posyandu ini," ungkapnya sebelum meninjau langsung meja-meja pelayanan.

Pada kesempatan ini, Safriati juga menyempatkan untuk terus menyosialisasikan tentang stunting. Bagaimana pada saat seorang ibu yang sedang hamil mencukupi nutrisi dari makanan yang tepat, mengkonsumsi vitamin hingga melakukan olahraga khusus untuk ibu hamil. 

"Bahwa stunting itu juga harus diketahui dan dipahami oleh masyarakat dari kalangan remaja kita, bagaimana persiapan memasuki  usia pernikahan. Yang nanti akan hamil," jelasnya. 

"Untuk ibu hamil, ibu hamil juga perlu mempersiapkan tabungan ibu hamil," tambahnya tegas. 

Dirinya bersyukur, posyandu ini aktif, sehingga banyak dihadiri oleh balita, ibu hamil dan lansia dan PTM (Penyakit Tidak Menular). 
Seperti hari ini, 42 anak Balita, 4 orang ibu hamil, 32 orang landia dan 43 orang PMT terdata hadir dan mendapat pelayanan kesehatan. 

Pelayanan yang disediakan setidaknya meliputi pengecekan kesehatan, Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk balita dan ibu hamil serta bingkisan. 

Kepada salah satu Ibu dari seorang balita, Safriati berpesan untuk bisa menerapkan pola asuh yang tepat agar anak tumbuh sehat.

"Hari ini juga saya memberikan Vitamin A untuk anak-anak," jelasnya saat memberikan langsung vitamin kepada salah seorang anak balita dan memberikan bingkisan yang berisi makanan ringan dan susu untuk anak-anak. 

"Dikasih vitamin ini, agar abang sehat ya," ujarnya kepada seorang anak sembari memberikan langsung vitamin A. 

Diakhir kunjungan ini, dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada para petugas posyandu dan para kader yang sudah aktif menjalankan fungsi posyandu di Desa Lilangan.

Sumber: Dinas KominfoPenulis: NonaFotografer: DinaEditor: ImeldaKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita

Pj Gubernur Safrizal: Sinergitas Pemerintah dan PMI Penting untuk Kemanusiaan

Wed, 02/21/2024 - 00:20

PANGKALPINANG –Selama 22 tahun mengabdi di Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel), PMI tak pernah henti dalam berbakti, terus eksis dalam menjalankan peran dan fungsinya di tengah-tengah masyarakat.

Banyak hal yang telah diukir, termasuk di masa kepengurusan tahun 2019-2024, saat dipimpin oleh Abdul Fatah, PMI Kep. Babel terus bertahan dan berdiri mendukung pemerintah dalam penanganan Covid-19. 

Bahkan, PMI terus menjaga, menjadikan dirinya sebagai mitra kerja yang baik bagi pemerintah provinsi, kabupaten/kota dengan tetap terus menjaga kemandirian, dan kenetralannya di dalam memberikan pelayanan kepalangmerahan kepada masyarakat.

Apresiasi ini disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur Kep. Babel Safrizal ZA saat menghadiri, sekaligus membuka Musyawarah Provinsi (Musprov) V Tahun 2024, di Ballroom Sun Hotel, Pangkalpinang, Selasa (20/2/2024).

"Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang sudah kita jalin dalam melaksanakan tugas kemanusiaan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Sinergitas ini penting untuk kemanusiaan. Sekali lagi, pemerintah akan support penuh PMI," tutur Safrizal.

Berlakunya Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2018 tentang Kepalangmerahan, dilanjutkan Safrizal, dapat memberikan kepastian hukum bagi PMI Kep. Babel dalam pelaksanaan tugas-tugas kemanusiaan, sehingga dapat mendukung tujuan negara dalam melindungi segenap bangsa, dan seluruh tumpah darah Indonesia untuk menciptakan ketertiban dunia yang berkeadilan sosial.

Digelarnya Musprov V PMI Kep. Babel, kata Safrizal, menjadi jalan bagi organisasi untuk menjalankan amanat dalam peraturan perundang-undangan, dan peraturan organisasi dalam rangka membangun, dan mengembangkan organisasi kemanusiaan yang kuat, efektif, dan mampu memberikan pelayanan dan pengembangan kapasitas sumber daya manusia secara konsisten, dan berkelanjutan.

"Hal ini juga berimplikasi pada peluang untuk peningkatan kinerja dan kapasitas PMI Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk lebih inovatif dalam mengembangkan diri sebagai organisasi kemanusiaan yang netral, dan mandiri dengan karakteristik organisasi yang memiliki sistem manajemen otonom. PMI Provinsi dan Kabupaten/Kota memiliki kemandirian, dan tugas untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat," ujarnya.

Lebih lanjut, putra Aceh yang juga menjabat sebagai Dirjen Adwil Kemendagri itu berharap, kepengurusan yang baru nantinya dapat saling membantu satu dengan lainnya dengan aksi nyata dalam menggerakkan organisasi PMI, sehingga PMI Kep. Babel menjadi organisasi yang berfungsi dengan baik, yang mampu memberikan pelayanan yang bermutu sesuai dengan mandat dan misinya.

"Insyaallah, dengan niat pengabdian yang tulus, serta komitmen untuk maju, PMI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menjadi eksis, dan bermakna bagi semua insan Kepulauan Bangka Belitung yang kita cintai ini. Selamat bermusyawarah," tutupnya.

Sebelum dibukanya Musprov V tahun 2024, para peserta yang hadir dari perwakilan PMI Pusat, PMI dari 7 kabupaten/kota se-Babel, dan simpul relawam, mendapatkan pengarahan dari Ketua Umum PMI Fachmi Idris. Dengan dilaksanakannya kegiatan itu juga menandai berakhirnya pengurus lama, dan lahirnya pengurus baru periode 2024-2029 untuk melanjutkan aksi kemanusiaan di Negeri Serumpun Sebalai untuk lima tahun ke depan.

Penulis: Rangga
Foto: Lulus
Editor: Yudhistira

Sumber: Dinas KominfoPenulis: RanggaFotografer: LulusEditor: YudhistiraKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita

Menuju Era Digital Terdepan: Strategi Percepatan Transformasi dan Keterpaduan Layanan Nasional di Rakernas ASKOMPSI 2024

Tue, 02/20/2024 - 17:48

JAWA BARAT– Rapat Kerja Nasional Asosiasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Seluruh Indonesia (Rakernas ASKOMPSI) 2024 akan fokus membahas percepatan transformasi digital dan keterpaduan layanan digital nasional. 

Tema itu sengaja diangkat dalam rangka menindaklanjuti Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2023 dan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri (SE Mendagri) tentang Peran Pemerintah Daerah dalam Percepatan Transformasi Digital dan Keterpaduan Layanan Digital Nasional. 

Direktur Eksekutif ASKOMPSI Eddy Santoso menjelaskan, beberapa narasumber dari kementerian dan lembaga dijadwalkan akan hadir memberikan materi dalam Rakernas ASKOMPSI 2024. Di antaranya adalah Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Deputi Bidang Strategi dan Kebijakan Keamanan Siber dan Sandi Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian PAN-RB, serta Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi, dan Pengendalian Pembangunan Bappenas. 

“Seluruh narasumber sudah dikonfirmasi hadir dan siap berbagi wawasan bersama seluruh peserta dari perwakilan Diskominfo Provinsi seluruh Indonesia,” jelas Eddy Santoso saat rapat persiapan Rakernas ASKOMPSI melalui Zoom Meeting, Senin (19/2/2024). 

Rakernas ASKOMPSI 2024 sendiri akan digelar pada pada 21 – 23 Februari 2024 di Hotel Horison Ultima Majalengka, Jawa Barat. Penjabat (Pj) Bupati Majalengka, Dedi Supendi mengaku mendukung penuh kegiatan ini dan siap menyambut seluruh peserta Rakernas dari seluruh Indonesia.

“Kami akan berusaha menjadi tuan rumah yang baik. Momen ini sekaligus ajang mempromosikan potensi daerah kami, Kabupaten Majalengka. Apalagi sudah ada Bandara International Kertajati yang semakin memudahkan konektivitas transportasi menuju Jawa Barat,” pungkas Dedi. 

Rakernas ini dijadwalkan akan dihadiri oleh seluruh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika di Indonesia, salahsatunya adalah Kadis Kominfo Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sudarman yang merupakan Ketua ASKOMPSI Periode 2021-2023.

Sumber: Dinas KominfoPenulis: Humas ASKOMPSIFotografer: Humas ASKOMPSIEditor: LulusKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita

TMMD Buka Jalan di Tepus, Pj Gubernur Safrizal: Bukti Nyata TNI untuk Masyarakat

Tue, 02/20/2024 - 15:06

AIR GEGAS - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) memberikan dukungan, sekaligus apresiasi terhadap kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 Tahun 2024 yang berlangsung di Desa Tepus, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan.

"Acara ini kerja sama semua pihak, baik dari TNI AD, AL, AU, dan Kepolisian, serta Pemda Babel, dan Pemda Basel, serta masyarakat," ujar Penjabat (Pj) Gubernur Safrizal ZA, saat membuka kegiatan yang diawali dengan upacara TMMD, Selasa (20/2/24).


Menurut alumnus terbaik Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) angkatan pertama ini, TMMD merupakan bukti nyata TNI bersama masyarakat untuk membangun desa, sehingga masyarakat lebih sejahtera.

"Dalam kegiatan TMMD adalah membangun jalan sepanjang 11 km, lebar 7 meter, sehingga memberikan kemudahan bagi masyarakat, dan transportasi jadi lancar," jelas Safrizal.

Dilanjutkannya, hasil yang dipersembahkan TNI melalui kegiatan TMMD ini patut didukung, karena sangat positif, dan bertujuan untuk membangun desa yang lebih baik dalam upaya peningkatan ekonomi. Untuk itu, orang nomor satu di Babel ini meminta kepada pemerintah desa maupun masyarakat setempat untuk memaksimalkan jalan yang dibangun TNI ini, termasuk dijadikan tempat wisata baru, yaitu agro wisata.

"Sepanjang 11 kilometer itu ditanam pohon buah-buahan, kita siapkan bibitnya. Kita minta kepada pemerintah desa untuk menjaga tanaman tersebut, kita jadikan wisata lokal baru, sehingga desa ini menjadi daya tarik wisata," katanya.

Sementara itu, Komandan Korem (Danrem) 045/Garuda Jaya Brigjen TNI Agustinus Dedy Prasetyo mengatakan, tentara masuk desa yang bertujuan untuk membangun infrastruktur, dan menopang perekonomian masyarakat tersebut melibatkan sebanyak 150 personel aktif, dan dikerjakan selama 30 hari.

"Secara fisiknya kita memperbaiki jalan 11 kilometer, membangun gorong-gorong. Selain itu kegiatan non fisik kita mencegah sunting, donor darah, kesehatan masyarakat, wawasan kebangsaan, dan kegiatan sosial lainnya," tutur Danrem.

Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid, selaku kepala daerah menyampaikan rasa terima kasihnya kepada kepada TNI. Dengan adanya TMMD ke-119 ini diyakininya sangat membantu masyarakat Desa Tepus untuk mendapatkan akses transportasi yang selama ini dinantikan.


"Hari ini kami dibantu oleh Bapak Pj Gubernur, TNI, Polri, melaksanakan suatu kegiatan sangat tepat guna, karena sangat menunjang sekali dalam hal menunjang ekonomi. Saya sangat apresiasi kepada semua pihak. Harapannya, Desa Tepus yang selama ini tidak ditempuh banyak orang, kedepannya sebaliknya," katanya.

Sumber: Dinas KominfoPenulis: Hasan A.M.Fotografer: SaktioEditor: RanggaKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita

Panen Raya Bersama Masyarakat Desa Banyu Asin, Pj Gubernur Safrizal Tekankan Pentingnya Eksekusi Program Semarak Babel

Tue, 02/20/2024 - 08:34

RIAU SILIP - Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Safrizal ZA, melakukan Panen Raya perdana bersama petani dan masyarakat di Desa Banyu Asin, Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka, pada Senin (19/2/2024) sore. Meskipun dibawah rintik gerimis pasca hujan lebat, acara tersebut tetap berlangsung khidmat dan meriah.

Dalam sambutannya Safrizal menyampaikan, kehadirannya beserta jajaran dalam rangka memberikan semangat kepada para petani, sekaligus sebagai dukungan nyata pemerintah provinsi Kepulauan Babel terhadap produksi ketahanan pangan.

Pria yang kerap disapa Saf itu mengungkapkan, jumlah produksi padi di Kepulauan Babel hanya mampu memenuhi 20 persen dari total keseluruhan kebutuhan. Oleh karenanya, hal demikian perlu mendapatkan perhatian, bukan hanya sebagai kawalan kecukupan pangan saja, melainkan hal tersebut juga menjadi satu diantara beberapa faktor penentu status inflasi di Kepulauan Babel.

“Artinya kita perlu mencukupi yang 80 persen, dengan impor dari luar daerah. Ini yang menyebabkan kita begitu terdampak oleh naik turunnya harga beras di luar. Dan itu juga berdampak pada angka inflasi,” ucap Safrizal.

Dalam kesempatan itu, Safrizal meminta kepada petani untuk terus produktif, termasuk menanam ragam tanaman pangan lainnya. Lebih lanjut, Safrizal juga memberikan perhatian terhadap pemenuhan pangan dari hortikultura, yang juga baru mampu memenuhi 2-3 persen dari kebutuhan, sementara 97 persen lainnya, harus dipasok dari luar daerah. 

Selain itu, Safrizal juga menekankan terkait pentingnya eksekusi program Semangat Menanam Rakyat Bangka Belitung (Semarak Babel), yang ia gagas beberapa waktu lalu. Menurutnya, Semarak Babel menjadi salah satu program, yang bertujuan untuk merangsang semangat ketahanan pangan.

“Kebutuhan pangan kita terus meningkat, pangan juga terkait langsung dengan inflasi. Melalui eksekusi program Semarak Babel ini, kita ingin mempertahankan angka inflasi, tetap menjadi yang terendah. Untuk itu perlu terus berproduksi,” tukasnya.

Usai memberikan sambutan, Pj Gubernur Safrizal beserta jajaran, langsung turun ke sawah untuk memanen padi bersama masyarakat secara simbolis. Acara diawali dengan do’a sebagai ungkapan rasa syukur, dan panen  yang dilanjutkan dengan penggilingan padi. 

Didampingi Ketua TP PKK Safriati Safrizal, yang juga berperan dalam upaya penggerakkan pemberdayaan keluarga, Pj Gubernur beserta jajaran dan masyarakat, turut memantau potensi sawah Desa Banyu Asin serta mendengar kendala para petani.

Adapun kendala yang disampaikan dalam kesempatan itu, salah satunya terkait batas wilayah yang telah diatur dalam undang-undang. Di mana, masuknya sebagian lahan pesawahan ke wilayah Kabupaten Bangka Barat menyebabkan Desa Banyu Asin tidak dapat menerima bantuan ataupun program pemerintah secara menyeluruh.

Menanggapi hal itu, Pj Gubernur Safrizal akan menjadikan hal demikian sebagai bahasan dengan pihak terkait, untuk selanjutnya dicarikan solusi secara bersama.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Para Staf Ahli Gubernur, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Kepulauan Babel, Kadis KLHK Kepulauan Babel, Pj Bupati Bangka M Haris, tokoh masyarakat, jajaran terkait lainnya di lingkup Provinsi dan Kabupaten Bangka, perangkat kecamatan dan desa serta para petani Desa Banyu Asin.

Sumber: Dinas KominfoPenulis: KrisFotografer: Jo FandiEditor: YudhistiraKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita Kanal Konten: Pertanian

Pj Gubernur Safrizal ZA Hadiri Peresmian Denpom II/5 dan Denzibang 5/II Bangka

Mon, 02/19/2024 - 14:56

PANGKALPINANG - Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel), Safrizal ZA menghadiri peresmian Denpom II/5 dan Denzibang 5/II oleh Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Yanuar Adil, Senin 19/2/2024. 

Pria kelahiran 1970 tersebut mengucapkan selamat atas Peresmian Denpom II/5 Bangka dan Denzibang 5/II Bangka.

"Peresmian ini membuktikan komitmen kita untuk membangun pertahanan yang tangguh dan solid," ujarnya.

Kehadiran Panglima Daerah Militer II/Sriwijaya di tanah Bangka Belitung mencerminkan semangat gotong royong, sinergi antara TNI dan rakyat serta komitmen untuk memperkuat pertahanan negara.

"Saya percaya bahwa dengan adanya sinergi antara TNI, Pemerintah Daerah, dan Masyarakat, kita dapat menciptakan lingkungan yang aman, damai, dan sejahtera di Kepulauan Bangka Belitung," ungkapnya. 

Hal sama juga diungkapkan Pangdam II/Sriwijaya, Mayjen TNI Yanuar Adil, yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa penyesuaian organisasi ini merupakan sebagai bagian dari rencana strategis TNI AD. 

"Sehingga dengan peningkatan ini, jajaran Kodam II Sriwijaya dapat lebih adaptif dan dinamis dalam menghadapi tuntutan atau tantangan tugas seiring dengan perkembangan lingkungan strategis global," jelasnya.  

Bagi TNI AD khususnya Kodam II Sriwijaya, peresmian kesatuan ini memiliki makna yang strategis karena tidak hanya dalam peningkatan optimalisasi, namun juga dalam rangka mewujudkan pengamanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

Oleh karena itu kepada pejabat yang baru, Yanuar Adil berpesan untuk terus membina sinergitas dan kerjasama, sehingga keberadaan TNI AD bermanfaat bagi semua lini. 

"Begitupun kepada seluruh personel, kalian juga harus terus beradaptasi dengan tugas dan tanggung jawab satuan yang lebih besar dan pegang citra TNI," tegasnya.

Sumber: Dinas KominfoPenulis: ImeldaFotografer: UmarEditor: LulusKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita

Safriati Safrizal Kukuhkan Pj Bunda PAUD Pangkalpinang

Mon, 02/19/2024 - 14:49

PANGKALPINANG - Penjabat Bunda PAUD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Safriati Safrizal mengukuhkan Penjabat Bunda PAUD Pangkalpinang yang diemban oleh Dra Lusje Anneke Tabalujan, yang juga menjabat sebagai Pj Wali Kota Pangkalpinang, Senin (19/2/2024).

Usai pengukuhan, Pj Bunda PAUD Babel Safriati Safrizal menyampaikan peran dan fungsi penting Bunda PAUD guna mewujudkan PAUD yang berkualitas. Disamping teladan bagi anak usia dini, Bunda PAUD harus memiliki kreatifitas dalam mengedukasi untuk menumbuhkan karakter positif bagi anak usia dini.

Oleh sebabnya, dirinya berpesan kolaborasi dan sinergi harus dilakukan. Seperti halnya yang sudah dijalankannya sebagai Bunda PAUD Babel dalam beragam bentuk kegiatan hingga harmonisasi. 

"Di 2024 kami mencanangkan komitmen bersama untuk menguatkan gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan," ungkapnya.

Dirinya juga meyakini, langkah konkrit yang akan dikerjakan bersama-sama ini dapat membuahkan hasil yang baik untuk kemajuan pendidikan anak-anak Babel. 

"Jika dilakukan bersama-sama, kita juga akan tahu permasalahan yang menjadi prioritas, serta potensi-potensinya," ujar Safriati.

Seperti  saat ia melakukan kunjungan kerja di Pulau Belitung, ia mendapatkan informasi bahwa masih ada pulau-pulau di Babel yang penduduknya banyak tetapi PAUD-nya itu belum terpenuhi.

"Tentu saja ini membutuhkan perhatian dan dukungan dari kita bersama untuk sama-sama bisa memajukan Bangka Belitung dalam rangka meningkatkan pendidikan anak-anak kita terutama yang usia dini. Saya berharap kepada kita semua agar segera melakukan sinergi langkah-langkah konkrit yang bisa dilaksanakan," tutupnya.

Sumber: Dinas KominfoPenulis: IrnawatiFotografer: DeoEditor: NonaKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita

Pj Gubernur Safrizal Hadiri Peresmian Rumah Sakit Batin Tikal Pangkalpinang

Mon, 02/19/2024 - 14:31

PANGKALPINANG – Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Safrizal ZA menghadiri peresmian Rumah Sakit tingkat IV Batin Tikal Kesdam II/Sriwijaya Pangkalpinang, Senin (19/2).  

Rumah Sakit yang diinisiasi oleh Kementerian Pertahanan itu menjadi salah satu dari 20 Rumah Sakit TNI yang diresmikan secara virtual oleh Presiden RI Joko Widodo pada hari ini. Setelah sebelumnya terdapat 5 Rumah Sakit TNI yang telah diresmikan.

Pj Gubernur Safrizal berharap pelayanan kesehatan semakin terjangkau dan berkualitas bagi semua lapisan masyarakat Babel dengan kehadiran Rumah Sakit Batin Tikal tersebut.

"Dengan penambahan rumah sakit milik TNI ini, di mana terdapat fasilitas ruang rawat inap tentunya akan menambah angka BOR (Bed Occupancy Ratio) kita. Sehingga masyarakat akan semakin terlayani, juga pelayanan rumah sakit semakin baik," ujarnya.

Namun, ia juga menekankan bahwa pelayanan kesehatan untuk diarahkan pada sisi promotif dan preventif. Dibanding dengan upaya kuratif, karena pembangunan kesehatan secara promotif dan preventif, akan memberi dampak positif yang lebih besar dan efisien.

"Tentu kita menginginkan preventif dan promotif jauh lebih diutamakan, karena mencegah itu lebih murah, lebih efisien, daripada kita kuratif. Sehingga energi kita tidak banyak terkuras untuk upaya kuratif," tuturnya.

Sementara itu, Danrem 045 Garuda Jaya Brigjen TNI A Dedy Prasetyo menjelaskan Rumah Sakit yang berlokasi di Dinas Kesehatan Tentara (DKT) Keluarahan Kacang Pedang ini bisa menampung 50 pasien rawat inap serta memiliki fasilitas Radiologi, Laboratorium, dan USG 4D.

"Kami juga sudah memiliki dokter spesialis penyakit dalam, bedah, dan kandungan. Tentunya dengan adanya peningkatan status rumah sakit ini akan menambah layanan kesehatan, khususnya bagi TNI, PNS, serta masyarakat umum lainnya," pungkasnya.

Seusai meresmikan, Pj Gubernur Safrizal bersama Forkopimda Babel meninjau beberapa ruangan dan peralatan di rumah sakit tersebut. Setelah itu, alumnus terbaik angkatan pertama Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN) tersebut secara simbolis menyerahkan bantuan sembako untuk masyarakat setempat.

Sumber: Dinas KominfoPenulis: BudiFotografer: SaktioEditor: NatasyaKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita

Pj Gubernur Safrizal: ASN Harus Mengabdi Lebih Baik Lagi pada Masyarakat

Mon, 02/19/2024 - 13:44

PANGKALPINANG - Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Safrizal ZA menyampaikan beberapa amanat di depan ratusan ASN Pemerintah Kota pada saat memimpin Upacara Hari Kesadaran Nasional sebagai salah satu wujud upaya peningkatan disiplin sebagai abdi negara dan abdi masyarakat yang bertempat di Halaman Kantor Wali Kota Pangkalpinang, Senin (19/2/2024).

Dalam amanatnya, Safrizal menyampaikan sebagai abdi negara, kita merupakan bagian penting dari pembentukan kesadaran tentang kesatuan dan persatuan bangsa.

“Kita jaga amanat ini dari para pendahulu kita dan para pejuang, agar bangsa kita bersatu terus” ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa sebagai abdi masyarakat, kita juga dituntut untuk berbuat sesuatu bagi masyarakat. Begitu juga hal nya sebagai aparatur sipil negara (ASN), yang mana kita dituntut memiliki tanggung jawab kepada masyarakat. Dirinya mengungkapkan, sebagian masyarakat sudah menitipkan tanggung jawab kepada aparatur sipil negara, untuk itu sudah sepantasnya ASN berbalik berbuat sesuatu untuk masyarakat.

“Gaji yang kita peroleh dan penghasilan yang kita dapat itu adalah keringat dari pajak masyarakat. Oleh karenanya, harus kita balik dengan imbalan abdi kita kepada masyarakat” tegas Safrizal.

Di kesempatan yang turut dihadiri Pj Wali Kota Pangkalpinang Lusje Anneke, Pj Ketua TP PKK Provinsi Kep. Babel Safriati Safrizal serta Forkopimda Kota Pangkalpinang, ia meminta agar ASN untuk menyadari dan memikirkan apa pun yang dilakukan setiap harinya, merupakan bagian dari kesetiaan kepada negara dan masyarakat. 

“Sadarilah, berubahlah sekecil apapun yang kita lakukan harus bermakna dan bermanfaat bagi negara dan masyarakat,” pungkas Safrizal. 

Sumber: Dinas KominfoPenulis: AliyahFotografer: Iyas ZiEditor: IntanKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita

Safriati Safrizal Pastikan TP PKK Kep. Babel Dukung Penuh Gerakan “Semarak Babel”

Mon, 02/19/2024 - 12:24

PANGKALPINANG - Sebagai bentuk dukungan penuh terhadap Gerakan "Semarak Babel" (Semangat Menanam Rakyat Bangka Belitung) yang diusung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Safriza ZA, maka Pj. Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kep. Babel Safriati Safrizal, ikut serta dalam kegiatan pembagian bibit cabai, di Halaman Kantor Wali Kota Pangkalpinang, Senin (19/2/24).

Disebutkan Safriati, gerakan “Semarak Babel” ini sejalan dengan 10 program pokok PKK, yakni berkenaan dengan panga, yang mana program pangan dilakukan oleh TP PKK untuk meningkatkan ketahanan pangan keluarga.

“Tentunya gerakan ‘Semarak Babel’ yang diinisiasi oleh Pj. Gubernur kita, pasti akan didukung penuh oleh TP PKK. Soalnya, gerakan tersebut pun berkaitan erat dengan 10 program pokok PKK,” ujarnya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Pj. Gubernur Safrizal mengatakan, kegiatan menanam ini merupakan bentuk perwujudan abdi kepada masyarakat, karena setahun terakhir Kep. Babel berada di titik tertinggi inflasi di Indonesia. Untuk itu, diharapkan dengan dimasifkan gerakan tersebut dapat terus menjaga kestabilitasan Bumi Serumpun Sebalai, khususnya terkait permasalahan inflasi.

“Nanti, semuanya akan dilibatkan dalam gerakan ‘Semarak Babel’ ini. Termasuk di dalamnya PKK pun akan menanam. Nanti akan dibantu digerakkan oleh Ibu Safriati selaku Pj. Ketua TP PKK Provinsi,” kata orang nomor satu di Kep. Babel tersebut.

Selaku mitra kerja pemerintah dan organisasi kemasyarakatan, TP PKK dipercaya bisa menyentuh hingga lini terkecil. Untuk itu, TP PKK diharapkan dapat menyukseskan gerakan positif “Semarak Babel” ini, karena komoditi cabai sendiri merupakan salah satu komoditi yang penting bagi masyarakat Kep. Babel. Jadi, akan menjadi masalah jika harganya sewaktu-waktu naik.

“Harga cabai ini pernah naik tinggi, sedangkan kebutuhannya di Kep. Babel pun sangat tinggi. Apabila harus terus-terusan berharap supply dari provinsi lain, ini tentunya akan berpengaruh pada nilai inflasi. Untuk itu, kalau misalnya, tiap keluarga ada nanam cabai, walaupun hanya beberapa polybag, insyaallah bisa membantu permasalahan pemenuhan kebutuhan cabai di masing-masing rumah tangga,” ujar Safriati yang juga merupakan istri dari Pj. Gubernur Safrizal ZA.

Dalam kegiatan tersebut, penyerahan bibit cabai secara simbolis diserahkan kepada perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kesehatan, TP PKK Kota Pangkalpinang, Kecamatan Gerunggang, Kecamatan Taman Sari, Kecamatan Gabek, Kecamatan Rangkui, Kecamatan Girimaya, Kecamatan Pangkalbalam, dan Kecamatan Bukit Intan.

Sumber: Dinas KominfoPenulis: Intan PitalokaFotografer: NatasyaEditor: RanggaKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita Kanal Konten: PKK

Pemilu di Babel Berjalan Santai dan Kreatif, Pj Gubernur Safrizal: Inilah yang kita Kehendaki

Wed, 02/14/2024 - 17:30

PANGKALPINANG – Hari ini, Rabu (14/2/2024) seluruh warga negara Indonesia dari berbagai latar belakang profesi, etnis, maupun suku yang tersebar di tiap sudut NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia), sedang dalam suka cita merayakan pesta demokrasi, atau Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. 

Pemilu yang memberikan kesempatan rakyat untuk memilih pemimpinnya, yakni Calon Presiden dan Wakil Presiden, maupun para senator untuk Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dan legislator di tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan Pusat (DPRD/DPR RI) untuk lima tahun ke depan ini, juga dilaksanakan di Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel).

Penjabat (Pj) Gubernur Kep. Babel Safrizal ZA, usai mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 17 Air Itam, melaksanakan supervisi dan monitoring bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan Forkopimda di Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kep. Babel, juga Pj Wali Kota Pangkalpinang. 

Lokasi yang ditinjau alumnus terbaik angkatan pertama Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN) itu yakni TPS 005 dan 006 Kelurahan Bukit Merapin, Pangkalpinang. Bersama rombongan, mereka langsung meninjau pelaksanaan pencoblosan, mulai dari pemilih, petugas KPPS, saksi, serta keamanan di dua TPS tersebut.

Oran nomor satu di Negeri Serumpun Sebalai ini pun mengungkapkan kekagumannya dalam proses Pemilu di Kep. Babel, yang menunjukkan suasana yang kondusif, walaupun ia menerima laporan terdapat kendala teknis di beberapa lokasi. Namun, hal itu teratasi dengan baik oleh KPU sebagai penyelenggara, sehingga tidak terjadi hal tidak diinginkan.

"Alhamdulillah, sampai siang 10.30 setiap TPS sudah berjalan 50 persen proses. Kita berharap semuanya lancar, tidak ada kendala apapun. (Pelaksanaan Pemilu) di sini terkesan enjoy, santai, inilah yang kita kehendaki secara terbuka, dan macam-macam kreasinya, dengan tetap standar pemilihan oleh KPU," katanya.

Ia menyoroti peran KPPS, maupun pihak keamanan dari Polda dan Polres sebanyak 2.855 personel yang tersebar di 4.116 TPS. Ia memberikan apresiasi atas kinerja ribuan panitia penyelenggara ini yang telah bekerja keras, begitu pun  demi menciptakan Pemilu 2024 aman, tertib, jujur, dan adil. Apresiasi juga disampaikan kepada masyarakat Kep. Babel atas partisipasinya.

"Mudah-mudahan sampai batas waktu pencoblosan jam 13.00 WIB semua masyarakat yang hadir terlayani, karena berkisar maksimal 270 pemilih dalam satu TPS, tidak terlalu ramai. Semoga proses berjalan lancar, dan saksinya juga banyak, sehingga transparan," katanya.

Sumber: Dinas KominfoPenulis: RanggaFotografer: Iyas ZiEditor: ListyaKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita

Gunakan Hak Pilih, Pj Gubernur Safrizal bersama Istri Nyoblos di TPS 17 Padanglama

Wed, 02/14/2024 - 12:39

PANGKALPINANG - Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Safrizal ZA menggunakan hak pilihnya pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dengan mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 17 Kelurahan Padanglama Air Itam, Pangkalpinang, Rabu (14/2/2024).

Pj Gubernur Safrizal tiba di TPS yang berlokasi tepat di belakang kediaman dinasnya, bersama sang istri Safriati Safrizal.

Kedatangannya disambut pihak Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), yang kemudian mengarahkan Safrizal serta istri sesuai alur prosedur. Diawali dengan pendataan, hingga mereka berada di bilik suara untuk mencoblos.

Usai mencoblos, Dirjen Bina Administrasi Kewilayahah Kemendagri itu juga sempat memantau proses pemilihan di TPS tersebut. Ia mengapresiasi kesigapan petugas KPPS TPS 17 Padanglama Air Itam melayani warga untuk datang memberikan hak suara di Pemilu 2024.

"Semoga hari ini bisa dilaksanakan dengan lancar, hingga penghitungan suara," ujar Safrizal.

Ia juga menambahkan, bahwa ia bersama Forkompimda Babel juga akan turun memonitor pelaksanaan Pemilu 2024 di beberapa TPS.

"Kita harap tidak ada kendala berarti," harapnya.

Sumber: Dinas KominfoPenulis: IrnawatiFotografer: Iyas ZiEditor: BudiKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita

Pj Gubernur Safrizal Masifkan Gerakan Semarak Babel di SPN Lubuk Bunter

Tue, 02/13/2024 - 15:08

BALUNIJUK - Semarak Babel atau Semangat Menanam Rakyat Bangka Belitung yang diinisiasi Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Safrizal ZA kali ini dilaksanakan di Sekolah Polisi Negara (SPN) Lubuk Bunter Polda Babel, Selasa (13/2/2024).

Penanaman bibit cabai dilakukan bersamaan di area SPN yang telah disiapkan usai upacara Pembukaan Pendidikan Pembentukan Bintara Polri Angkatan XIV Gelombang I Babel  2024. Turut hadir juga Kapolda Babel Irjen Pol Tornagogo Sihombing serta unsur Forkompimda lainnya. Dalam kesempatan itu, Pj Gubernur juga berkesempatan meninjau Lokasi Binmas Pioner.

Dalam sambutannya, Pj Gubernur Safrizal mengaku sangat senang dengan gerakan penanaman komoditi pertanian ini terus berlanjut, dan didukung penuh oleh Forkompimda. Dan diakuinya, gerakan yang digiatkan beberapa bulan terakhir ini telah berhasil meningkatkan produksi komoditi pertanian di Kep. Babel.

"Tanah kita subur, kita hanya butuh memproduksi 2 persen untuk komoditi bawang merah, betapa kita menyepelekan anugerah Allah SWT. Maka dari itu, penanaman ini akan terus kita gencarkan, target kita produksi pertanian di Kep. Babel harus mencapai 50-60 persen," ungkapnya.

Upaya lainnya guna menekan inflasi di Kep. Babel, lanjut Safrizal, pihaknya berusaha untuk memperlancar jalur distribusi. Barang-barang masuk yang sifatnya logistik akan didahulukan. 

"Mudah-mudahan dengan kerjasama semua pihak, dalam rangka memperkuat daya tahan bahan pangan kita ini, maka cita-cita besar kita untuk Kep. Babel yang sejahtera dengan inflasi yang terkendali dapat terwujud," ucap Safrizal.

Mendukung penuh program orang nomor satu di Bumi Serumpun Sebalai tersebut, Kapolda Babel Irjen Pol Tornagogo Sihombing mengungkapkan, dalam pembudidayaan tanaman komoditi pertanian ini, pihaknya akan menggandeng petani di sekitar wilayah SPN Lubuk Bunter Polda Babel. 

"Kelompok tani kita tidak boleh nganggur, maka dari itu, kami akan gandeng kelompok tani di program penanaman ini," ungkap Kapolda.

Sumber: Dinas KominfoPenulis: IrnawatiFotografer: Iyas ZiEditor: IntanKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita

Jelang Pemilu 2024, Pj Gubernur Safrizal Tinjau Kesiapan Pasokan Listrik Pulau Bangka

Mon, 02/12/2024 - 19:05

MERAWANG - Menyongsong pesta demokrasi pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang tinggal menghitung hari, Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Safrizal ZA bersama Forkopimda Kep. Babel melakukan kunjungan ke PLTU Air Anyir, Kabupaten Bangka, pada Senin (12/2/2024). 

"Hari ini kita berkunjung ke pembangkit listrik utama dari sistem distribusi listrik di Bangka Belitung. Kita datang untuk memastikan suplai listrik di Pulau Bangka ini terjamin dan tidak ada gangguan sesuatu apapun, sehingga pelaksanaan Pemilu di tanggal 14 Februari dapat berjalan dengan lancar," ujar Pj Gubernur Safrizal.

Dikatakannya bahwa kemampuan listrik PLTU ini sebesar 180 megawatt, dimana pasokan listrik tersebut bersumber dari 50 megawatt dari jalur Sumatera dan 130 megawat diproduksi dari pembangkit listrik Bangka. 

"Kebutuhan kita 180 megawatt, berarti tetap gunakan listrik dengan hemat, karena pasokan listrik kita ini bersumber dari batu bara. Jadi kita tetap menganjurkan kepada masyarakat untuk menghemat listrik. Yang jelas untuk kebutuhan kita sepanjang situasinya normal, transmisi tidak terputus, kemudian tidak ada gangguan alam, maka kebutuhan listrik kita dapat dipenuhi secara baik," tutur pria yang menjadi lulusan terbaik Angkatan Pertama IPDN itu. 

Menurutnya, sepanjang kondisi normal, dan tidak ada pemutusan transmisi dari Sumatera kemudian tidak ada bencana alam di Bangka dan Belitung maka suplai listrik ini aman. Meskipun terdapat beberapa daerah yang tak terjangkau oleh PLN, namun relatif aman. 

"Ada beberapa daerah yang tak terjangkau, karena transmisi tak sampai ke sana, sehingga beberapa pulau kecil melalui inisiatif masyarakat setempat berswadaya menggunakan genset. Sementara untuk pulau yang agak besar, seperti pulau Lepar sudah masuk jaringan listrik dengan pulau Bangka," jelasnya. 

Hal senada dijelaskan oleh General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Bangka Belitung (PLN UIW Babel) Mohammad Munief Budiman, bahwa untuk Pulau Bangka sebagian besar sudah terjangkau aliran listrik. Namun sisa di pulau Belitung, khususnya di Pulau Ketapang dan Pulau Batun belum terjangkau, dan pihaknya berencana memasukkan kedua pulau ini ke dalam program listrik desa. 

Guna menghadapi Pemilu 2024, PLN Bangka telah menyiapkan personil dengan peralatan dan material pengganti yang dialokasikan dibeberapa lokasi, diantaranya KPU Tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota, PPK, TPS. Sementara di KPPU, pihaknya akan menyiapkan genset dan UPS. 

"Kita mengantisipasi gangguan alam saja, kondisi pasokan listrik kita aman. Alhamdulillah tidak ada yang rentan, semua daerah sudah masuk interkoneksi, Bangka interkoneksi Sumatera, Belitung juga dalam kondisi pembangkit yang memadai," tutupnya. 

Sumber: Dinas KominfoPenulis: Lisia AyuFotografer: SaktioEditor: BudiKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita

Pj Gubernur Safrizal Ungkap Kesiapan Penyelenggaraan Pemilu, Ajak Masyarakat Gunakan Hak Pilih

Mon, 02/12/2024 - 19:01

PANGKALPINANG- Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel), Safrizal ZA dalam kesempatan dialog melalui siaran langsung Radio Republik Indonesia (RRI) Pro 1 Sungailiat, menyampaikan sejumlah hal terkait kesiapan Pemprov Kep. Babel dalam menyukseskan pemilu 2024. Hal itu ia sampaikan pada dialog interaktif bertajuk “Cerdas Memilih Untuk Indonesia”, di Studio mini RRI, Kantor Gubernur Kep. Babel, Senin (12/02/2024) siang.

Bersama ketua KPU Kep Babel Husin, Ketua Bawaslu Kep Babel EM Osykar, serta perwakilan akademisi sekaligus pengamat politik Bahjatul Murtasidin, Pj Gubernur Safrizal ungkap pihaknya selaku fasilitator bersama penyelenggara Pemilu terus bahu membahu, berkoordinasi dan bekerja bersama guna menyukseskan Pemilu serentak yang hanya tinggal menghitung hari.
 
“Sampai dengan sejauh ini (H-2), terkait dengan kesiapan persiapan penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 berjalan dengan lancar seluruhnya, hampir paripurna. Adapun terdapat sedikit kekurangan tentu itu bagian dari proses. Selaku pemerintah daerah kami sudah dan akan terus mensuport KPU dan Bawaslu dalam hal ini untuk menyelenggarakan Pemilu dengan baik dan kondusif,” ucap Pj Gubernur.

Selaku Pj kepala daerah dirinya juga menghimbau kepada kepala daerah di kabupaten/kota di Kep. Babel, untuk turut menyukseskan penyelenggaraan Pemilu dengan terus berkoordinasi dengan pihak terkait, termasuk perihal distribusi logistik maupun kesiapan di tempat pemungutan suara.

Selain itu, hari tenang yang saat ini sedang berlangsung juga tak luput dari perhatian Pj Gubernur, ia meminta seluruh pihak termasuk keamanan dan badan pengawas lainnya turut mengawasi dan mengawal kondusifitas selama masa tenang, termasuk kepada kontestan dan para calon untuk tidak lagi melaksanakan aktivitas kampanye maupun melaksanakan kegiatan yang mengumpulkan massa.

“Mari kita jaga kondusifitas di masa tenang ini, biarkan masyarakat dan para pemilih untuk berkontemplasi menentukan siapa yang akan ia pilih,” imbau Pj Gubernur.

Mendukung statement Pj Gubernur, Husin menyampaikan kesiapan penyelenggaraan Pemilu 2024 di Kep. Babel yang sudah terstruktur sedemikian rupa, termasuk penyediaan TPS di pulau-pulau terluar yang memenuhi syarat dibentuknya TPS. Selain itu, Em Osykar juga mengungkap pihaknya selalu berkoordinasi dengan KPU guna melakukan pengawasan selama masa tenang, termasuk tertib pendistribusian logistik yang sedang berlangsung, hingga saat pemungutan dan penghitungan suara.

Sementara itu, Bahjatul selaku akademisi sekaligus pengamat politik mengingatkan kepada masyarakat terutama pemilih muda, untuk tidak terpengaruh dengan intervensi siapapun dalam menggunakan hak pilih. Menurutnya, partisipasi pemilih untuk menggunakan hak suara harus dianggap sebagai kebutuhan guna menjaga keberlangsungan demokrasi.

Partisipasi pemilih yang mendapat sorotan dalam perbincangan tersebut juga dipandang Pj Gubernur sebagai tolok ukur kesuksesan pemilu, dimana tingginya angka partisipan yang menggunakan hak pilih menandakan pendidikan politik serta sosialisasi pentingnya menggunakan hak pilih berjalan baik. Untuk itu, Pj Gubernur juga menghimbau kepada masyarakat di Kep. Babel untuk datang ke TPS dan menggunakan hak pilih sesuai hati nurani.

“Kepada masyarakat saya sampaikan, Pemilu adalah sarana pertunjukan kedaulatan rakyat, maka kita harus tunjukan kedaulatan rakyat itu dengan menggunakan hak pilih. Oleh karenanya, 14 Februari besok gunakan hak suara anda sesuai pilihan hati masing-masing, karena suara anda menjamin keberlangsungan demokrasi kita,” pungkas Pj Gubernur.

Sumber: Dinas KominfoPenulis: KrisFotografer: SaktioEditor: IrnawatiKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita

Jangan Golput, Pj Gubernur Safrizal Ajak Masyarakat Kep. Babel Salurkan Hak Pilihnya

Mon, 02/12/2024 - 13:26

PANGKALPINANG – Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Safrizal ZA memberikan pesan khusus kepada masyarakat Kep. Babel jelang hari pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang. 

"Saya mengimbau kepada masyarakat Kep. Babel agar menggunakan hak pilihnya. Datang ke TPS dengan gembira dan tanpa tekanan. Mari Kita jadikan Kep. Babel menjadi provinsi yang tertinggi tingkat partisipasinya pada Pemilu 2024," ujar Pj Gubernr Safrizal usai menghadiri Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan Personil Polda Babel dalam rangka Pemilu 2024 di Halaman Mapolda Babel, Senin (12/2). 

Orang nomor satu di Kep. Babel itu kemudian menegaskan bahwa Forkopimda Kep. Babel bersama penyelenggara pemilu (KPU dan Bawaslu) terus memperkuat sinergisitas guna menjaga kondusivitas wilayah selama masa Pemilu 2024, termasuk dalam menyambut masa tenang pesta demokrasi ini. 

Salah satunya dengan digelarnya Apel ini. Hal ini merupakan upaya untuk menyukseskan pesta demokrasi tersebut berjalan dengan aman dan kondusif. 

"Seperti kita ketahui bahwa Kep. Babel ini adalah provinsi kepulauan, dimana daratan hanya 1/3 cakupan wilayahnya, ditambah banyak pulau-pulau kecil. Sehingga Forkopimda Kep. Babel senantiasa mensupport baik itu KPU dan Bawaslu, utamanya dalam hal aksesibilitas," ungkapnya. 

Ditempat yang sama, Kapolda Kep. Babel Irjen Pol Tornagogo Sihombing mengatakan pihaknya telah mengerahkan pergeseran pasukan sebanyak 2.855 personel untuk pengamanan Pemilu 2024. Hal itu untuk memastikan pemungutan suara berjalan aman dan kondusif. 

Ia juga memastikan pihaknya sudah memetakan potensi rawan konflik, serta rutin melaksanakan patroli untuk menjaga keamanan dan mencegah terjadinya gangguan atau kecurangan selama pemungutan dan penghitungan suara. 

"Kami juga mengimbau kepada masyarakat Kep. Babel untuk menyalurkan hak suaranya. Harapan kita agar Pemilu 2024 di Kep. Babel berjalan kondusif, demokratis, aman, dan damai," pungkasnya. 

Sumber: Dinas KominfoPenulis: BudiFotografer: SaktioEditor: IntanKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita

Pages